Selasa, 18 Februari 2014

Nolan Bushnell, Pendiri Atari Cikal Bakal 'Dingdong' (Okezone.com)

Nolan Bushnell (Foto: Powerhousemuseum) 

  WASHINGTON - Perangkat arcade yang sempat populer beberapa dekade lalu dikembangkan oleh perusahan yang bergerak di industri video game, Atari, Inc. Atari dikenal sebagai pionir dalam game arcade, konsol game rumahan serta komputer rumah.

Atari Inc didirikan pada 1972 oleh Nolan Bushnell dan Ted Dabney. Perangkat arcade yang pertama kali dibuat ialah Pong, yang merupakan game olahraga tennis yang tampil dengan grafis dua dimensi. Pada era 1970an, atas arahan dari Nolan Bushnell, ia menugaskan Allan Alcorn untuk menciptakan Pong.


Pong, game dingdong pertama menjadi sukses dan menandakan perkembangan industri video game yang pesat. Setelah Pong rilis, beberapa perusahaan mulai memproduksi game yang meniru gameplay Pong. Sehingga, Atari di bawah komando Nolan Bushnell mendorong perusahaan untuk menciptakan game yang lebih inovatif.

Nolan Bushnell lahir pada 4 Februari 1943, merupakan engineer dan pengusaha asal Amerika Serikat. Bushnell beberapa kali menyabet penghargaan, salah satunya sebagai "Innovator of the Year", "Video Game Hall of Fame" dan termasuk dalam peringkat 50 besar dari pria yang berpengaruh di Amerika versi Newsweek.

Lulusan University of Utah College of Engineering yang kini berumur 70 tahun ini juga mendirikan jaringan restoran Chuck E. Cheese's Pizza-Time Theaters dan telah merintis lebih dari 20 perusahaan. Wikipedia menerangkan, saat ini, Bushnell menjabat sebagai co-founder dan Kepala Desainer Permainan Anti-Aging Games.

Sang kreator juga memproduksi software edukasi yang dinamakan Brainrush. Brainrush menggunakan teknologi video game dalam software edukasi dengan menggabungkan sains otak manusia. Brainrush diyakininya merupakan karya yang bisa menuai sukses besar.

Ketika ia duduk dibangku sekolah dan perguruan tinggi, Bushnell pernah bekerja di Lagoon Amusement Park selama beberapa tahun. Ketika itu, ia tinggal di kampung halamannya di Ogden, Utah, Amerika Serikat.

Ia tertarik dengan permainan arcade. Bushnell menyukai konsep membuat orang penasaran tentang permainan dan dari situ ia berpikir bahwa perangkat permainan bisa mendatangkan uang apabila orang tertarik untuk bermain.

Ia mencintai dunia game dan taman bermain, yang kemudian membantunya untuk meluncurkan Atari dan Chuck E. Cheese's Pizza-Time Theaters. Akan tetapi, setelah menjual Atari ke Warner Communication seharga USD28 juta, Bushnell membeli rumah bekas James Folger di Woodside, California. Di California selatan, ia tinggal bersama dengan istrinyaa Nancy dan delapan anak-anak mereka.

Atari, kini dimiliki oleh Atari Interactive, anak perusahaan pembuat game dari Prancis, Inforgrames Entertainment SA (IESA). Perusahaan memproduksi konsol game seperti Atari 2600 yang diluncurkan pada September 1977. Game yang paling populer ketika itu berjudul Pac-Man dengan penjualan mencapai 7 juta unit.

Kemudian, muncul generasi konsol game Atari berikutnya, versi 5200. Perangkat hiburan ini pernah populer di 1982 dan dihentikan produksinya pada 21 Mei 1984. (ahl)

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar