Rabu, 17 Juni 2015

Teropong IPTEK : Serba-serbi TNI dan POLRI Indonesia.




1. TNI - Angkatan Darat (TNI-AD).

(wikimedia.org)

TNI Angkatan Darat mempunyai motto: Kartika Eka Paksi, yang artinya kekuatan, kesatuan, dan kesetiaan. Lambang TNI-AD terdapat elemen-elemen berupa bintang, burung garuda, perisai, bulu sayap, dan bulu ekor.

Bintang melambangkan cita-cita yang tinggi dalam ketentaraan. Burung garuda melambangkan jiwa ksatria, gagah perkasa, dan pemberani. Perisai berwarna merah putih merupakan warna bendera Republik Indonesia yang melukiskan jiwa dan semangat kebangsaan. Bulu sayap yang masing-masing berjumlah 10 helai menunjukkan bulan Oktober sebagai bulan kelahiran tentara Republik Indonesia (5 Oktober 1945). Sedangkan bulu ekor berjumlah 7 helai menunjukkan tujuh perilaku keprajuritan yang tertuang dalam Saptamarga.

SAPTAMARGA.

- Kami Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia bersendikan Pancasila.
- Kami patriot Indonesia, pendukung serta pembela ideologi negara, yang bertanggung jawab dan tidak mengenal menyerah.
- Kami ksatria Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta membela kejujuran, kebenaran dan keadilan.
- Kami prajurit Angkatan Bersenjata Republik Indonesia adalah bhayangkari negara dan bangsa Indonesia.
- Kami prajurit Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, memegang teguh disiplin, patuh dan taat kepada pimpinan serta menjunjung tinggi sikap dan kehormatan prajurit.
- Kami prajurit Angkatan Bersenjata Republik Indonesia mengutamakan keperwiraan di dalam melaksanakan tugas serta senantiasa siap sedia berbakti kepada negara dan bangsa.
- Kami prajurit Angkatan Bersenjata Republik Indonesia setia dan menepati janji serta sumpah prajurit.


SUMPAH PRAJURIT.

Saya bersumpah.
Demi Allah (opsional) :
1. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
2. Tunduk kepada hukum dan memegang teguh disiplin keprajuritan.
3. Taat kepada atasan dengan tidak membantah perintah atau putusan.
4. Menjalankan segala kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab kepada tentara dan Negara Republik Indonesia.
5. Memegang segala rahasia tentara sekeras-kerasnya.



2. TNI - Angkatan Laut (TNI-AL).

(wikimedia.org)

TNI Angkatan Laut mempunyai motto: Jales Viva Jaya Mahe. Yang artinya Di Laut Kita Jaya. Pada lambang TNI-AL terdapat elemen-elemen berupa garuda pancasila, jangkar, rantai, juga padi dan kapas.

Garuda Pancasila merupakan falsafah Negara Republik Indonesia yang harus dijunjung tinggi prajurit TNI-AL. Jangkar merupakan lukisan semangat bahari dan kecintaan kepada seluruh nusantara. Rantai pada jangkar melukiskan semangat persatuan dan kesatuan seluruh gugusan pulau di Indonesia. Padi dan kapas melambangkan cita-cita kemakmuran bangsa Indonesia.



3. TNI - Angkatan Udara (TNI-AU).

(kodam17cenderawasih.mil.id)

TNI Angkatan Udara mempunyai motto: Swa Buwana Paksa. Yang artinya Sayap Tanah Air. Pada lambang TNI-AU terdapat elemen-elemen sayap yang mengembang, anak panah dalam cengkeraman, perisai, juga padi dan kapas.

Sayap garuda yang siap terbang melukiskan kesiapsiagaan TNI-AU untuk melindungi tanah air. Anak panah dalam cengkeraman garuda yang melukiskan TNI-AU selalu siap mengusir musuh-musuhnya yang mengganggu negara. Perisai yang di dalamnya terlukis peta wilayah Indonesia merupakan wilayah yang terus dijaga dan dilindungi. Biji kapas berjumlah 8 butir melambangkan bulan kemerdekaan. Sedangkan butir padi yang berjumlah 45, melambangkan tahun kemerdekaan RI.



4. Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).

(wikimedia.org)

Kepolisian Republik Indonesia mempunyai motto: Rastra Sewakotama, yang artinya adalah Abdi Utama bagi Nusa Bangsa. Pada lambang kepolisian RI terdapat elemen-elemen bintang, perisai, sinar obor, tugu, dan padi kapas.

Bintang yang berjumlah 3, melambangkan tribrata, tiga falsafah kepolisian RI. Perisai melambangkan tugas sehari-hari anggota Polisi adalah melindungi warga negara RI. Sinar obor melambangkan petunjuk dan penerang bagi rakyat. Tugu yang kokoh berdiri merupakan semangat pengabdian anggota kepolisian sebagai tiang penyangga negara. Padi dan kapas melukiskan cita-cita kemerdekaan RI mencapai masyarakat yang adil dan makmur.




SUMBER : Buku RPUL, terbitan Aneka Ilmu, Semarang; tahun 2003.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar