Senin, 24 Agustus 2015

SOCCERIOR : Tak Ada Liga Spanyol di Layar Televisi...


Hak Siar Dilepas : Aksi Cristiano Ronaldo yang menghadang pergerakan Lionel Messi di La Liga Spanyol musim lalu. Mahalnya hak siar tayang La Liga membuat RCTI tidak menayangkannya musim ini.
(foto: bolabanget.com)


Primera Division 2015-2016 bergulir akhir pekan ini (kemarin, red). Namun, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan bintang-bintang dari Liga Spanyol tidak hadir di televisi nasional. RCTI yang memegang hak siar resmi melepaskannya.
Keterbatasan jangkauan dan biaya yang cukup mahal menjadi alasan RCTI untuk melepaskan Primera Division. Padahal, tayangan itu melekat dengan image mereka.
"Secara khusus, sebenarnya kami tidak melepas La Liga," ujar Direktur Program dan Produksi RCTI Dini Putri. Dia menjelaskan, alasan naiknya cost atas program tersebut membuat pihaknya harus realistis merancang program berikutnya.

Tayangan kompetisi sepak bola Eropa sebetulnya masih mendapatkan tempat di hati pemirsa sepak bola Indonesia. Secara umum, TV swasta nasional masih bergeliat dalam menyiarkan kompetisi liga Eropa. Walaupun, di sisi lain, tantangan besar muncul dari pihak TV berbayar yang kian melebarkan ekspansi ke sejumlah kota besar.
Liga Eropa yang masih menjadi komoditas utama TV swasta tersebut cukup ampuh dalam menjaga image, share maupun TV rating. Dalam perkembangannya, TV swasta nasional harus bersaing dengan sangat keras dengan sejumlah TV berbayar.
Sebagai gambaran, untuk memegang hak siar penuh Liga Spanyol saja, TV swasta harus merogoh kocek ratusan miliar rupiah untuk durasi 3 musim. Angka itu cukup fantastis jika TV dihadapkan pada peluang revenue yang didapatkan dari para sponsor.

Dini menyampaikan, kesulitan yang dialami TV swasta nasional adalah tantangan untuk mengakhiri dominasi TV berbayar.
Liga Champions dan Liga Inggris juga memantik persaingan antara TV pemegang hak siar. Ahmed Ganda, anggota tim kreatif sport SCTV, menyebutkan bahwa ketertarikan pemirsa terhadap Liga Inggris tetap stabil. "Dalam satu big match, terkadang juga memunculkan share yang cukup signifikan," ujarnya.


HAK SIAR LIGA-LIGA EROPA DI INDONESIA.

- Liga Champions:
> Pemegang hak siar: SCTV (habis musim depan); RCTI (negosiasi).
> Durasi: 3 tahunan.

- Liga Inggris:
> Pemegang hak siar: SCTV dan Indosiar, Bein Sports.
> Durasi: 3 tahunan (2013-2016).

- Liga Serie A Italia:
> Pemegang hak siar: Kompas TV (negosiasi).
> Durasi: 1 tahun.

- La Liga Primera Spanyol:
> Pemegang hak siar: -

- Bundesliga Jerman:
> Pemegang hak siar: -





SUMBER : Jawa Pos, 22 Agustus 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar