Jumat, 09 Oktober 2015

CINEMOVIES : PAN; Hadirkan Pan sebelum Menetap di Neverland...

RATING: 6,0 (IMDB); 4,4 (Rotten Tomatoes).


(imdb.com)

Siapa yang tak kenal karakter fiksi Peter Pan karangan J.M Barrie? Sejak dirilis pada Desember 1904, Peter Pan sering diangkat ke drama, serial TV, bahkan layar lebar. Kisah yang diceritakan tak jauh berbeda satu sama lain. Namun, kali ini sutradara Joe Wright yang menggarap Anna Karenina (2012) serta Pride and Prejudice (2005) mengangkat kisah Peter Pan sebelum dia tinggal selamanya di Neverland.

Ditulis Jason Fuchs, Pan bercerita tentang Peter (Levi Miller) yang diculik mata-mata Blackbeard (Hugh Jackman). Dia dibawa ke Neverland dan dipaksa bekerja sebagai penambang. Peter pun berusaha meloloskan diri sambil menyelamatkan Neverland dengan dibantu James Hook (Garrett Hedlund) dan Tiger Lily (Rooney Mara). Akankah mereka berhasil?

Memperkenalkan cerita yang benar-benar baru dari dongeng klasik melegenda memang tak mudah. Karena itu, penonton sebaiknya tak berharap terlalu banyak pada Pan. "Meski karakternya sudah dikenal, cerita mereka kurang meyakinkan sehingga tak ada koneksi emosi dengan penonton. Sedikit tambahan cerita dan less noise seharusnya bisa membuat Pan lebih baik," ungkap kritikus Tony Hicks melalui Mercury News.

Selain itu, para penggemar setia buku Peter Pan atau The Boy Who Wouldn't Grow Up mungkin akan sedikit kecewa. Sebab, sama dengan Hook (1991) garapan Steven Spielberg, Pan menyalahi karakter asli karangan Barrie. Berdasar karya Barrie, orang tua Peter adalah manusia besar. Tetapi, dalam Pan, ibu Peter adalah seorang pejuang dan ayahnya merupakan seorang pangeran peri.

Namun, terlepas dari kekurangannya, keindahan visual film yang perilisannya sempat diundur karena berbarengan dengan Ant-Man (2015) itu dijamin membuat penonton terkesima. Sepanjang perjalanan menuju Neverland, penonton bakal dimanjakan pemandangan indah layaknya film-film fantasi keluarga. Apalagi jika menonton dalam format 3D. Selain itu, Wright patut berbangga diri dengan sisi musikal yang diusung.
"Aku berusaha tak memikirkan ekspektasi orang-orang terhadap film ini. Aku hanya ingin membuat film yang merepresentasikan pendapat dan perasaanku terhadap bukunya. Aku tak ingin terlalu mengkhawatirkannya," kata Wright kepada HitFix.

TRAILER-NYA:



DATA FILM:

Sutradara: Joe Wright.
Produser: Tim Lewis, Greg Berlanti, Sarah Schechter, Paul Webster.
Penulis cerita: Jason Fuchs, J.M Barrie.
Pemain: Levi Miller, Hugh Jackman, Garrett Hedlund, Rooney Mara, Adeel Akhtar.
Sinematografi: John Mathieson, Seamus McGarvey.
Editor film: William Hoy, Paul Tothill.
Musik: John Powell.
Rilis: 9 Oktober 2015.
Durasi: 111 menit.
Produksi dan Distributor: Warner Bros Pictures.



SUMBER: Jawa Pos, 9 Oktober 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar