Sabtu, 17 Oktober 2015

CINEMOVIES: Serbuan Para Monster; GOOSEBUMPS...

RATING: 7,1 (IMDB); 8,2 (Rotten Tomatoes).


(screenrelish.com)

Jika sebagian besar bedtime stories akan membuat anak-anak tidur nyenyak, Goosebumps justru menciptakan ketakutan tersendiri bagi pembaca. Tapi, bagaimana dengan film adaptasinya yang berjudul sama? Film live-action yang menceritakan monster fiksi hasil imajinasi sang penulis, R.L Stine itu, hadir dengan bumbu komedi yang pas.
Setelah beberapa kali mengalami gagal produksi dan jadwal tayang mundur, film adaptasi dari novel misteri 90-an tersebut akhirnya tayang. Penantian para penggemar tak sia-sia. Sebab, film itu sukses membuat kita bernostalgia dengan monster-monster dalam 62 novel dan serial TV Goosebumps (1996).

Sutradara Rob Letterman mampu mereplika buku seri best seller dalam versi film dengan plot berbeda namun tetap orisinil sekaligus menarik perhatian anak-anak generasi saat ini yang mungkin baru mengenal Goosebumps. Berbeda dengan novel maupun serial TV-nya, film tersebut tak hanya menampilkan horor yang menakutkan. Plot twist yang apik dan humor khas remaja saat ini menjadi inovasi yang menarik.

Cerita berawal dari Zach (Dylan Minnette) dan ibunya yang baru saja pindah dari New York ke Greendale, Maryland, AS. Mereka harus terlibat dalam petualangan bersama Champ (Ryan Lee) yang tak sengaja membuka teks asli Goosebumps dan membangunkan semua karakter monster fiksi dalam buku tersebut. Bersama tetangganya, Hannah (Odeya Rush), dan ayahnya yang tak lain merupakan penulis Goosebumps, R.L Stine (Jack Black), mereka bersatu untuk mengembalikan monster ke dalam buku. Sayangnya, puluhan monster itu ingin membalas dendam dan menakuti seluruh penjuru kota.
Pasukan monster menyeramkan tersebut dipimpin Slappy the Dummy, boneka ventriloquist misterius yang sangat membenci penciptanya, R.L Stine. Saat para monster menghancurkan kota, tim Stine, Zach, dan Hannah mengatur strategi untuk mengembalikan mereka ke dalam buku.

Memang, mengadaptasi buku best seller menjadi sebuah film bukanlah perkara mudah. Namun, sang sutradara punya cara sendiri untuk menarik perhatian moviegoers dengan menggandeng aktor komedi Jack Black.
"Aku dibesarkan bersama dengan cerita buku Goosebumps. Jadi, aku ingin mengobati kerinduanku dan anak-anak lain dengan cara yang lebih menghibur," ungkap Letterman dilansir dari Collider.

Tak ketinggalan, sang penulis, R.L Stine asli, ikut andil menjadi cameo sebagai guru drama di sekolah Madison. Penulis bernama lengkap Robert Lawrence Stine itu puas dengan jalan cerita yang dibuat Rob Letterman untuk bukunya. Berbeda dengan serial TV pada 1995 yang 100 persen seram, Stine lebih menyukai versi film garapan Letterman tersebut.
"Film ini memiliki kombinasi yang tepat dalam menyatukan kesenangan dan ketakutan. Saya sangat menyukainya," katanya.

Ya, meski sangat berkesan bagi #90sKid, film Goosebumps (2015) terbukti berhasil menjadi salah satu family movie terbaik di tengah sepinya genre tersebut pada tahun ini. Komedi spontan yang dipadukan dengan apiknya plot twist dari para pemain dalam film, membuat film ini menghibur. Akhirnya, melihat kesuksesan film Goosebumps, Sony Pictures mantap untuk membuat sekuelnya.


SENGAJA BERBEDA DENGAN R.L STINE ASLI.


Berbeda: R.L Stine (kiri) dan Jack Black (kanan) dalam adegan di film Goosebumps.(gambar: nowish.cheezburger.com)

Puas bekerja sama pada film Gulliver's Travel (2010), sutradara Rob Letterman kembali mengajak Jack Black untuk bermain pada film Goosebumps (2015). Tak tanggung-tanggung, Black dipercaya memerankan R.L Stine, penulis asli novel seri horor Goosebumps yang booming pada 1990-an.
"Suatu tantangan bagiku untuk tampil humoris di film yang 'lumayan' seram ini," ungkap Black seraya tertawa. Black dinilai sebagai aktor spesialis film anak. Walau begitu, di film Goosebumps, dia menolak melakukan pendekatan humor ala genre family comedy seperti tampil bodoh atau clownish. Dia tidak ingin menurunkan standar humornya, yakni tetap memasukkan unsur lawakan dewasa. "Kurasa anak kecil masa kini mengerti sedikit lawakan dewasa," ujar Black pada Entertainment Weekly.

Lucunya, Black menyatakan tidak pernah membaca satu pun novel Goosebumps saat novel tersebut sedang naik daun. Black pun baru membaca salah satu buku Goosebumps setelah menandatangani kontrak film tersebut.

Saat berakting menjadi R.L Stine, dia tidak merasa terbebani. Sebab, Stine merupakan sosok yang fenomenal. Menurut dia, karakter yang diperankannya adalah versi fiksi dari kehidupan R.L Stine yang tidak berhubungan dengan sosok nyata penulis tersebut. "R.L Stine adalah pria yang menyenangkan dan smart. Namun, pendekatanku tidak sepenuhnya dimulai dari itu. Aku menampilkan karakter 'Stine' yang dibutuhkan sesuai dengan film ini," jelasnya.
Namun, R.L Stine menuturkan, karakternya justru berbeda dengan dirinya yang sebenarnya. "Saya justru sangat menikmati untuk membuat monster itu. Saya senang jika mereka menakuti orang-orang," canda Stine.


MEET THE MONSTER!

Penasaran sekaligus rindu dengan monster dari seri novel Goosebumps? Inilah beberapa monster menyeramkan yang menyerbu film ini. Check them out!

THE WEREWOLF.

Monster ini akan merobek semua yang ditemuinya dan mampu menghirup aroma mangsa. Sebab, ia merupakan serigala dari Danau Swamp ciptaan Stine. Serigala ini juga mengejar Stine, Zach, Hannah, dan Champ di supermarket. (foto: goosebumps.wikia.com)




THE ABOMINABLE SNOWMAN.

Monster salju mengerikan dari Pasadena ini akan ikut meneror kota Delaware dalam film Goosebumps. Badannya yang besar dan nafsu membunuh kuat, membuatnya tak berhenti menghancurkan apa pun yang ada di depannya. Pssst, monster ini adalah yang pertama keluar dari buku. (gambar: blacksportsonline.com)

SLAPPY THE DUMMY.

Karakter boneka ini juga bakal menjadi pemeran utama dalam film Goosebumps. Boneka bernama Slappy ini ingin membalas dendam kepada R.L Stine yang menguncinya dalam buku. Boneka ventriloquist dari cerita Night of the Living Dummy itu secara alami memang menyeramkan dan jahat. Hyiii! (gambar: hitflix.com)









TRAILER-NYA:





DATA FILM:

Sutradara: Rob Letterman.
Adaptasi: seri Goosebumps (1992) karya R.L Stine.
Produser: Deborah Forte, Neal H. Moritz.
Penulis skrip: Darren Lemke.
Pemain: Jack Black, Dylan Minnette, Ryan Lee, Odeya Rush, Amy Ryan, Jillian Bell.
Musik: Danny Elfman.
Sinematografi: Javier Aguirresarobe.
Produksi: Sony Pictures Animation, LStar Capital, Village Roadshow Pictures, Original Film, Scholastic Entertainment.
Distributor: Columbia Pictures.
Durasi: 102 menit.



SUMBER: Jawa Pos, 16 Oktober 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar