Selasa, 08 Desember 2015

CINEMOVIES: IN THE HEART OF THE SEA; Raksasa Laut Penjemput Maut...

RATING: 7,5 (IMDB); 5,9 (Rotten Tomatoes).


(gbr: nantucketdreamland.org)

Buku Moby-Dick karya Herman Melville berhasil menjadi salah satu karya literatur klasik yang dikenang sepanjang masa. Namun, hal serupa tak dialami kisah yang justru menjadi sumber inspirasinya, In the Heart of the Sea oleh Nathaniel Philbrick. Buku tersebut berkisah tentang perjalanan sebuah kapal penangkap ikan paus, Essex yang tenggelam di selatan Samudera Pasifik pada abad ke-19.
Essex yang dinakhodai Heorge Polland Jr (Benjamin Walker) dan Owen Chase (Chris Hemsworth) bertemu dengan ikan paus sebesar gajah mammoth. Paus itu menghancurkan Essex dengan mudah dan membuat para awak kapal terombang-ambing di tengah laut selama 90 hari.

Tanpa mengubah kejadian-kejadian penting dari sejarah, sutradara Ron Howard mengusung kisah perjuangan kru Essex yang disusun Philbrick dari catatan Chase dan cabin boy Thomas Nickerson, salah seorang kru yang hidup hingga sekarang, tersebut ke layar lebar. Perjuangan mereka menerjang badai dalam keadaan panik dan kelaparan ditonjolkan dalam film In the Heart of the Sea.
Sebagaimana diketahui, film itu telah disusun selama 10 tahun. Sebab, mengubah narasi panjang dan berliku ke dalam format film biasa ternyata cukup sulit.
"Charles Leavitt (penulis skrip, Red) akhirnya menemukan ide untuk menggunakan pertemuan Herman Melville dengan Thomas Nickerson yang sudah tua menjadi awal cerita. Setelah itu, kami lebih lancar menggarapnya," kata Philbrick kepada South China Morning Post.

Meski tetap mempertahankan keutuhan cerita, Howard menjelaskan bahwa dia membuat film terbarunya itu menjadi film action yang dibumbui drama agar tidak kaku.
Sayangnya, Hemsworth sebagai orang yang memperkenalkan skrip In the Heart of the Sea kepada Rowan sempat merasa takut dianggap pro terhadap perburuan paus. "Kami akhirnya membuat karakter paus menjadi fokus utama. Para manusia kami buat seperti villain di awal," jelas Hemsworth kepada South China Morning Post.

Merasa hal itu tak cukup, Howard membuat karakter Chase berusaha menebus apa yang telah dilakukan (memburu ikan paus, Red) meski sosok yang sebenarnya tak melakukannya. Misalnya, sebelum membunuh paus, Chase terlihar ragu karena iba terhadap si paus. Dalam kisah asli, Chase merasa ragu lantaran paus itu terlalu dekat dan bisa membahayakan dirinya. Selain itu, Chase yang sebenarnya tetap memburu paus digambarkan menjadi pedagang.


TRAILER-NYA:



DATA FILM:

Sutradara: Ron Howard.
Produser: Brian Grazer, Ron Howard, Will Ward, Joe Roth, Paula Weinstein.
Screenplay: Charles Leavitt.
Story: Charles Leavitt, Rick Jaffa, Amanda Silver.
Adaptasi: In the Heart of the Sea oleh Nathaniel Philbrick.
Pemain: Chris Hemsworth, Benjamin Walker, Cillian Murphy, Tom Holland, Ben Whishaw, Brendan Gleeson.
Musik: Roque Banos.
Sinematografer: Anthony Dod Mantle.
Penyunting: Daniel P. Hanley, Mike Hill.
Produksi: Village Roadshow Pictures, Roth Films, Imagine Entertainment.
Distributor: Warner Bros. Pictures.
Durasi: 122 menit.
Rilis: 4 Desember 2015.


SUMBER: Jawa Pos, 4 Desember 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar