Senin, 07 Desember 2015

CINEMOVIES: News in Depth; Menebak-nebak Jalan Cerita Star Wars: The Force Awakens...

Star Wars: The Force Awakens bakal menggemparkan bioskop seluruh dunia mulai pertengahan Desember. Walau sudah banyak dipromosikan dan digembar-gemborkan, masih banyak isinya yang dirahasiakan. Para penggemar masih menebak-nebak seperti apa ceritanya nanti.
___________________________________________________________________________________________________________

(starwars.com)

TRAILER-NYA:





Ketika pertama kali muncul pada 1977, Star Wars sebenarnya tidak banyak diprediksi bakal booming. Ternyata, film garapan George Lucas itu meledak dan berlanjut menjadi fenomena golbal. Nama Luke Skywalker, Han Solo, dan Princess Leia kondang sampai seluruh pelosok dunia.
Setelah 3 seri, film itu berhenti pada 1983. Baru pada 1999, trilogi prekuelnya nongol. Menceritakan kisah Darth Vader, salah seorang tokoh utamanya, dari masa kecil sampai menjadi sosok jahat paling ditakuti di galaksi.
Ketika Episode I - The Phantom Menace itu muncul pada 1999, sambutannya begitu heboh. Walau secara penyampaian tidak dianggap sebagai film terbaik, kisah awal ini mampu membangkitkan gairah penggemar lama, memikat penggemar generasi baru.
Walau sebenarnya para fans sudah tahu ceritanya bakal seperti apa.

Tahun ini, sepuluh tahun sejak film Star Wars terakhir ditayangkan (Episode III - Revenge of the Sith), muncul lagi awal dari trilogi baru opera luar angkasa itu.
Bedanya, saat ini orang tidak tahu persis seperti apa cerita yang akan ditampilkan. Karena ini The Force Awakens secara resmi adalah Episode VII, yang ceritanya terjadi 30 tahun setelah Episode VI - Return of the Jedi.
Dan untuk kali pertama, George Lucas bukan lagi penulis ceritanya. Bahkan, Lucas sebenarnya sudah tidak terlibat langsung. Hak atas Star Wars sudah dibeli raksasa entertainment Disney, senilai lebih dari USD 4 miliar!
Trilogi baru ini sepenuhnya di tangan tim kreatif Disney. Untuk The Force Awakens, di tangan sutradara sci-fi superkondang Jeffrey Jacob "J.J" Abrams.

J.J Abrams di lokasi syuting The Force Awakens.(slashfilm.com)

Nah, nama Abrams ini dikenal suka merahasiakan cerita, atau bikin cerita "belok". Apa yang dipromosikan kadang tidak sama persis dengan yang akhirnya ditampilkan.
Abrams juga tidak segan-segan "berbohong" kepada publik. Ketika menggarap Star Trek Into Darkness pada 2013 misalnya. Dia ditanya langsung apakah Benedict Cumberbatch memerankan tokoh antagonis legendaris Khan. Waktu itu Abrams blak-blakan menolak. Padahal, pada akhirnya karakter yang diperankan Cumberbatch benar-benar Khan!

Karena reputasi Abrams inilah, para penggemar-dan pengamat- dengan rajin mencermati setiap detik dari trailer yang dirilis, atau mengamati setiap milimeter dari poster yang beredar. Mereka mencari petunjuk, seperti apa kisah The Force Awakens nanti.
Hingga hari ini, tokoh-tokoh yang dimunculkan banyak yang wajah baru. Misalnya, dua tokoh utama yang ditampilkan adalah dua karakter muda Rey (Daisy Ridley) dan Finn (John Boyega), bersama robot bola imut BB-8. Han Solo dan Princess Leia (sekarang General Leia) juga muncul, berikut beberapa karakter kondang lain seperti duo robot C3PO dan R2-D2, serta si mahkluk berbulu Chewbacca.

Sosok jahatnya? Kylo Ren (Adam Driver), yang di trailer berbicara akan melanjutkan pekerjaan yang gagal diselesaikan Darth Vader.
Di luar itu, petunjuknya minim.
Siapa sebenarnya Rey? Apakah dia anak Han dan Leia?
Siapa juga sebenarnya Kylo Ren? Apakah dia juga anak Han dan Leia yang berubah jadi jahat?
Sebab, di poster utama film, lightsaber (pedang laser) Kylo Ren dan tongkat Rey digambarkan paralel.
Lalu, di mana sosok jahat utama Supreme Leader Snoke, yang diperankan Andy Serkis?
Dan, yang paling membuat penggemar penasaran: Di mana Luke Skywalker???

Berbagai spekulasi pun muncul.
Ada yang bilang, Luke Skywalker (Mark Hammill) tidak akan muncul di The Force Awakens. Dia baru akan muncul banyak di Episode VIII dan IX nanti.
Ada yang bilang, Luke Skywalker berubah jadi jahat, dan menjadi tokoh utama di balik trilogi baru ini.
Saat ditanya media, J.J Abrams dengan santai menjawab: "Tidak dimunculkannya (dalam materi promosi) Luke Skywalker bukanlah tidak disengaja."
Kepada Sydney Morning Herald, pria 49 tahun itu kembali bikin penasaran: "Itu pertanyaan bagus. Saya jadi tidak sabar membuat Anda menemukan jawabannya."
Mark Hammill, dalam wawancara dengan majalah Empire, ikut membuat penggemar makin penasaran. "Tentu kita akan melihat dia (Luke, Red) dalam fase hidup yang berbeda. Ada banyak kejutan di film ini. Anda akan menyukainya!" ucap dia.
Entah untuk menjaga kerahasiaan atau tidak, Hammill mengaku sering syuting sendirian, terpisah dari bintang-bintang yang lain!

Star Wars: The Force Awakens akan diputar di bioskop di seluruh dunia pada 18 Desember. Namun, di sejumlah negara sudah mulai tayang pada 16 Desember. Termasuk di IMAX Indonesia. Saat itu, semua pertanyaan baru akan terjawab. Seperti apa dan jadi apa Luke Skywalker nanti....


BERPOTENSI MERAUP RP 37 TRILIUN...

Lebih Feminim: Rey (Daisy Ridley), BB-8, dam Maz Kanata (Lupita Nyong'o). Digarap J.J Abrams, The Force Awakens akan lebih "bersahabat" untuk penonton perempuan.(screenrant.com)

Disney membeli Lucasfilm (beserta hak Star Wars) dari tangan George Lucas dengan nilai lebih dari USD 4 miliar (Rp 55,15 triliun). Mereka tentu berharap film-film yang dibuat mampu mengembalikan pengeluaran itu, plus mendatangkan untung segalaksi.
Star Wars: The Force Awakens mungkin sudah akan mengembalikan separo dari pembelian tersebut. Disebut dibuat dengan anggaran USD 200 juta (Rp 2,75 triliun), film besutan J.J Abrams itu berpotensi meraup penghasilan USD 2,7 miliar (Rp 37,22 triliun) dari bioskop di seluruh dunia.

Menurut analis FBR @ Co. Barton Crockett, seperti dilansir The Hollywood Reporter,  di pasar bioskop Amerika saja The Force Awakens bisa meraup lebih dari USD 1 miliar.
"Asumsi mendasar kami adalah The Force Awakens bakal meraup USD 750 juta (Rp 10 triliun) di pasar domestik, sedikit di belakang rekor (film) Avatar yang mencapai USD 761 juta (Rp 10,49 triliun). Tapi, prediksi terakhir memperkirakan weekend pembuka film ini setelah 18 Desember akan meraup USD 200 juta (Rp 2,75 triliun)," kata Crockett.
"Film-film besar yang keluar di bulan Desember biasanya mampu meraup penghasilan total hampir lima kali dari penghasilan weekend pertamanya. Itu berarti The Force Awakens bisa meraup hampir USD 1 miliar (Rp 13,7 triliun) di pasar domestik," tambahnya.
Lalu, pasar internasional bisa bernilai lebih dari 2,5 kali lipat pasar domestik. Itu berarti The Force Awakens bisa meraup hingga USD 2,7 miliar (Rp 37,18 triliun). Minimal, tegas Crockett, film ini akan meraup USD 1,9 miliar (Rp 26,2 triliun).

Sementara itu, juga via The Hollywood Reporter, pihak Disney berupaya meredam ekspektasi tinggi terhadap penghasilan yang akan diraih The Force Awakens.
"Ada banyak faktor yang mengakibatkan film ini masuk zona tanpa preseden. Benar-benar tidak ada yang seperti ini. Itu membuat lebih sulit dalam memprediksi seperti apa weekend pembuka nanti," tutur Chairman Walt Disney Studios Alan Horn.
Faktor-faktor itu antara lain, libur akhir tahun, yang membuat orang bepergian dan tidak ke bioskop. Serta suasana Natal dan Tahun Baru, yang membuat orang juga lebih banyak meluangkan waktu bersama keluarga.

5 BESAR BOX OFFICE SEPANJANG MASA.

1. Avatar (2009).
20th Century Fox.
Pendapatan: USD 2,788 miliar (Rp 38,422 triliun).

2. Titanic (1997).
Paramount Pictures.
Pendapatan: USD 2,187 miliar (Rp 29,971 triliun).

3. Jurassic World (2015).
Universal Studios.
Pendapatan: USD 1,669 miliar (Rp 23,356 triliun).

4. The Avengers (2012).
Buena Vista Distribution.
Pendapatan: USD 1,250 miliar (Rp 20,989 triliun).

5. Furious 7 (2015).
Universal Studios.
Pendapatan: USD 1,405 miliar (Rp 19,407 triliun).


NONTON MULAI SERI IV DULU.

Ingin datang ke bioskop menonton Star Wars dengan "bekal penuh"? Mungkin sebaiknya menonton dulu enam seri pendahulu. Tapi, urutannya bukan dari Episode I menuju VI. Melainkan sesuai urutan rilis. Nonton Episode IV, V, VI, lalu I, II, dan III.
Kalau membaca ringkasannya di bawah ini, Anda mungkin sadar kalau Star Wars sebenarnya kisah keluarga yang dibungkus dengan perang di luar angkasa.


1. Episode IV - A New Hope.

Rilis: 1977.
Sutradara: George Lucas.
Box Office Global: USD 775 juta (Rp 10,67 triliun).

Cerita yang memulai segalanya. Luke Skywalker, yang tinggal bersama paman dan bibinya di Tatooine, mendapat "panggilan" untuk bertualang dengan panduan Jedi Master Obi-Wan Kenobi. Dia bertemu dengan Princess Leia Organa, pasangan penyelundup Han Solo dan Chewbacca, kemudian bergabung dalam Rebel Alliance (Persatuan Pemberontak), untuk menghancurkan Death Star, markas Galactic Empire (Kekaisaran Galaksi) yang dijenderali oleh Darth Vader.(gbr: spinoff.comicbookresources.com)









2. Episode V - The Empire Strikes Back.

Rilis: 1980.
Sutradara: Irvin Kershner.
Box Office Global: USD 538,4 juta (Rp 7,41 triliun).

Berkisah tiga tahun setelah A New Hope, Galactic Empire yang dipimpin Emperor Palpatine dan Darth Vader marah, memburu semua pemberontak. Luke Skywalker belajar menjadi Kesatria Jedi dari mahkluk mungil Yoda, tapi kemudian harus menghadapi Darth Vader untuk menyelamatkan teman-temannya. Kalah bertarung melawan Darth Vader, Luke kehilangan tangan kanannya. Vader lantas mengungkapkan identitasnya bahwa dirinya adalah ayah dari Luke, dan mengajaknya bergabung ke Sisi Gelap. Luke menolak dan melarikan diri bersama Leia dkk.(gbr: newsarama.com)








3. Episode VI - Return of the Jedi.

Rilis: 1983.
Sutradara: Richard Marquand.
Box Office Global: USD 572,1 juta (Rp 7,88 triliun).

Galactic Empire membangun kembali Death Star, dan Rebel Alliance bertekad menghancurkannya, sekaligus membunuh Emperor Palpatine. Luke Skywalker kembali menemui Yoda, yang sebelum meninggal menyampaikan bahwa Darth Vader alias Anakin Skywalker memang ayahnya, dan Leia adalah saudara kembarnya.
Luke lantas "menyerahkan diri" kepada Darth Vader untuk mengonfrontasinya. Keduanya bertarung di hadapan Palpatine, dan Luke berhasil membalas dan memotong tangan (palsu) Vader. Palpatine lantas mencoba membunuh Luke. Itu menyadarkan Vader, yang tak ingin anaknya mati. Vader pun membunuh Palpatine sebelum tewas, kembali ke Sisi Baik di akhir hayatnya.(gbr: en.wikipedia.com)








4. Episode I - The Phantom Menace.

Rilis: 1999.
Sutradara: George Lucas.
Box Office Global: USD 1,027 miliar (Rp 14,14 triliun).

Inilah awal dari segalanya, Anakin Skywalker lahir dari kandungan Shmi secara ajaib, tanpa ayah. Dia punya bakat dan kemampuan luar biasa. Tinggal di Planet Tatooine, dia ditemukan oleh kedua Kesatria Jedi, Qui-Gon Jinn dan Obi-Wan Kenobi, yang sedang terdampar saat menyelamatkan pemimpin Planet Naboo, Queen Amidala. Qui-Gon merasa Anakin adalah "anak pilihan", yang kelak berperan besar menyeimbangkan semua dunia.
Musuh episode ini adalah Trade Federation, yang ingin menguasai sejumlah planet, termasuk Naboo. Di baliknya ada sosok misterius, dari Sisi Gelap. Qui-Gon Jinn tewas di tangan Darth Maul (seorang Sith, musuh para Jedi), tapi kemudian Darth Maul dibunuh oleh Obi-Wan.
Anakin yang masih kecil menjadi murid dari Obi-Wan.(gbr: google.com)






5. Episode II - Attack of the Clones.

Rilis: 2002.
Sutradara: George Lucas.
Box Office Global: USD 649,4 juta (Rp 8,94 triliun).

Bila Episode I seperti film anak-anak, maka Episode II ini seperti kisah cinta remaja. Anakin yang sudah remaja dan Amidala saling jatuh cinta, walau harus merahasiakan hubungan mereka di tengah suasana galaksi yang memanas menuju peperangan.
Ratusan ribu clones telah diproduksi untuk jadi tentara, dipesan secara misterius. Mereka lantas menjadi  pasukan untuk memerangi Trade Federation, kali ini dijenderali Count Dooku, mantan Jedi yang berpindah ke Sisi Gelap (yang atasannya lagi masih misterius).
Episode ini berakhir tanpa konklusi, Dooku melarikan diri setelah berhasil memenggal tangan Anakin. Di akhir cerita, Anakin akhirnya menikah dengan Amidala.(gbr: lucasfilm.wikia.com)






6. Episode III - Revenge of the Sith.

Rilis: 2005.
Sutradara: George Lucas.
Box Office Global: USD 848,8 juta (Rp 11,69 triliun).

Anakin Skywalker semakin tergoda untuk bergabung ke Sisi Gelap. Apalagi setelah mendapati ibunya meninggal, dan bermimpi Amidala -yang tengah mengandung- akan meninggal dunia saat melahirkan. Dia terus dihasut oleh Palpatine, sosok misterius yang dalam dua episode sebelumnya terkesan sebagai "politikus baik".
Palpatine alias Darth Sidious juga berhasil menjadikan para Jedi sebagai kambing hitam, lalu membunuh hampir semuanya (juga lewat Anakin). Obi-Wan Kenobi mampu menghentikan Anakin, yang kemudian kehilangan kaki, tangan, dan terbakar hebat di planet api Mustafar.
Di akhir cerita, Amidala meninggal setelah melahirkan Luke dan Leia. Luke dilarikan oleh Obi-Wan ke Tatooine, menunggu hingga momen yang tepat untuk tampil ke permukaan. Sedangkan Leia dititipkan ke orang lain. Anakin diselamatkan oleh Palpatine, yang kemudian mengubahnya menjadi cyborg bernama Darth Vader....(gbr: starwars.wikia.com)



TAHUKAH KAMU???

- Robot kecil adaptasi karakter BB-8 ini menjadi hot item hadiah untuk Natal. Diproduksi Sphero, benda imut yang dikendalikan dari aplikasi smartphone itu bisa berjalan 7 km per jam, sanggup merekam, memperlihatkan gambar hologram, dan merespons suara. Dibanderol USD 149 (Rp 2,06 juta) di situs Amazon, pembelinya dijanjikan tidak akan kecewa.

- Sejak menjual Lucasfilm Ltd ke Disney 3 tahun lalu, George Lucas menyebut dirinya tidak ada lagi hubungan dengan Star Wars. Disney memegang wewenang penuh atas film yang digagasnya itu. Menurut presiden Lucasfilm, Kathleen Kennedy, Lucas pun memberikan pujian setelah menyaksikan film tersebut.

- Pada Agustus lalu, dikutip dari CNN, Chairman dan CEO Walt Disney Bob Iger mengumumkan rencana proyek prestisius membangun dua theme park Star Wars. Satu di Disneyland, Anaheim, Kalifornia, satu lagi di Hollywood Studios di Walt Disney World Resort, Orlando. Para pengunjung seolah akan dibawa ke galaksi nun jauh dari bumi. Kapan dibuka? Disney belum memberitahukan tanggalnya. Namun, pembangunan direncanakan mulai tahun depan.




SUMBER: Jawa Pos, 6 Desember 2015.

3 komentar: