Senin, 25 Januari 2016

TOYZONE: Ip Man 3 Action Figure; Versi Masterpiece Sang Grandmaster...




Bersamaan dengan rilisnya film Ip Man 3, toymaker Enterbay kepincut menghadirkan Ip Man dalam versi action figure eksklusifnya. Sejak awal muncul pada 2008 silam, film semibiografi Ip Man itu memang sukses membuat sosok guru bela diri dari Bruce Lee tersebut menjadi tokoh penting di Asia. Karena itulah, Enterbay tak main-main mengimprovisasi figur guru Yip kali ini.

Beberapa tahun lalu, sebelum sekuel Ip Man 2 (2010) tayang, Enterbay merilis figur Ip Man berskala 1/6 pada 2010. Packaging awal action figure itu masih terbilang sangat simpel dengan tampilan Donnie Yen, pemeran guru Yip, yang sedang berlatih kuda-kuda Wing Chun andalannya. Juga terdapat beberapa aksesoris khas Ip Man seperti muk yan jong (wooden dummy), kemoceng, serta secarik kertas berisi 165 gerakan signature bela diri Wing Chun dalam satu set boks figur tersebut.

Tahun ini mengulang strategi yang sama, Enterbay kembali merilis seri action figure Real Masterpiece Ip Man 3 berskala 1/6. Yang spesial, Enterbay khusus mengembangkan figur Ip Man pada pahatan bagian kepala. Hal itulah yang dinanti kolektor yang telah memiliki action figure Ip Man rilisan 2010. "Pahatan tersebut membentuk ekspresi raut wajah tenang sekaligus fokus. Bukannya angkuh dengan alis terangkat seperti sebelumnya," ungkap reviewer Little Plastic Man. Secara khusus, kepala Ip Man dicat secara manual dengan teknik multilayer.
Bagian tubuh Ip Man juga dikembangkan agar bisa diposisikan menyerupai signature pose gerakan Wing Chun atau kuda-kuda bertahan dan menyerang. Memiliki lebih dari 30 titik artikulasi, gerakan Wing Chun lebih lihai dan beragam. Tak lupa, dilengkapi setelan hitam khas Tiongkok dengan celana hitam, setelan panjang abu-abu khas Tiongkok, serta sepasang kaus kaki putih dan sepatu hitam yang menjadi ciri khasnya.

Untuk menunjang pose terbaik figur Ip Man tersebut, part aksesori juga turut dikembangkan. Terdapat lima pasang tangan sesuai dengan signature pose Ip Man yang bisa diganti. Figur tersebut tak hanya memperlihatkan pose yang karismatik, namun juga kemampuan bertarung. Senjatanya dilengkapi sepasang butterfly knife Baat Jaam Dao yang terbuat dari bahan logam dan tongkat bermaterial kayu setinggi 6,5 cm untuk mempertegas aksi bela diri Ip Man. Hanya muk yan jong satu-satunya aksesori yang tetap dihadirkan dalam mengembangkan satu set boks Real Masterpiece Ip Man 3.

Tak perlu khawatir untuk mencari background set yang tepat untuk menampilkan kemewahan detail akurat dan gagahnya pose ciamik dari action figure tersebut. Sebab, set Real Masterpiece Ip Man 3 itu juga berisi selembar karton diorama dua sisi spesial. Agar posenya makin outstanding, Enterbay melengkapinya dengan satu buah figurine stand. Berat total keseluruhannya mencapai 1,9 kilogram.
Tidak mengherankan jika figur eksklusif menjadi barang yang ditunggu-tunggu kolektor maupun penggemar Ip Man. Sebab, belum tentu versi figur terakhir seri Ip Man akan dikembangkan lagi. Saat ini figurine tersebut masih berstatus barang pre-order. Satu set boks Real Masterpiece itu dibanderol sekira USD 240 atau Rp 3,26 juta dan dijadwalkan beredar di pasaran pada Maret tahun ini.


BARBUKNYA:







(all pict's source: google.com)




SUMBER: Jawa Pos, 28 Desember 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar