Minggu, 07 Februari 2016

ANIMASTER: Prince of Strider Alternative; Berlari dengan Cerdik, Juga dengan Kekuatan...



(sumber gbr: prince-of-stride-alternative.wikia.com)

(sumber gbr: ngotaku.com)

Fujiwara Takeru memilih SMA Hounan dengan angan-angan setinggi langit. Selama bertahun-tahun, nama SMA Hounan tersohor karena keandalan tim stride-nya. Takeru pengin jadi bagian tim tersebut.
Cita-cita Takeru itu mendapat dukungan penuh Sakurai Nana yang baru pindah dari Hokkaido ke Tokyo. Nana yang penggemar berat stride pengin berkecimpung langsung di dunia yang identik dengan kecepatan dan ketangkasan tersebut.

Hasrat Takeru dan Nana yang menggebu-gebu seketika padam saat mengetahui bahwa klub Stride SMA Hounan menyentuh titik terendah dalam karirnya. Anggota lamanya berguguran satu demi satu. Yang tersisa hanya nama besar klub. Tiga anggota yang masih bertahan adalah sang kapten tim Hasekura Heath, Kohinata Hozumi, dan Kadowaki Ayumu.
Untuk menyambung hidup sebagai klub, para anggota klub stride bahkan harus rela berbagi keanggotaan dengan klub shogi yang hanya memiliki satu anggota. Pokoknya mengenakan deh!

Kondisi nahas itu dibalikkan Takeru dan Nana. Mereka berupaya menghidupkan kembali klub Stride SMA Hounan. Langkah pertama, apalagi kalau bukan menambah jumlah pasukan. Bermodal kengototan dan rayuan gombal, duo Takeru-Nana berhasil menggaet Yagami Riku yang menguasai berbagai bidang olahraga.
Dimotori tiga siswa kelas 1, yaitu Takeru, Nana, dan Riku, klub Stride SMA Hounan bangkit dari kubur. Sponsorship yang jadi syarat wajib bagi sebuah klub stride untuk mengikuti pertandingan sukses diamankan. Kakak Heath, Diane, yang berprofesi sebagai desainer bersedia mensponsori tim Hounan.

Jumlah anggota lengkap, ponsor siap. Nggak ada lagi yang menghambat laju Takeru dkk untuk menuju kompetisi stride bergengsi, End of Summer. Tanpa ragu, mereka menantang tim-tim besar seperti Saisei, Mihashi, Ichijoukan, dan Kakyounin. Riku pun bakal berlaga versus sang kakak, Tomoe, yang meninggalkan SMA Hounan untuk bergabung dengan SMA Kakyounin.
Pertandingan demi pertandingan yang mereka lakoni menggembleng mental para anggota klub Stride SMA Hounan. Nggak sekadar mengandalkan kecepatan dalam berlari, stride juga memerlukan strategi yang tepat. Kepercayaan terhadap sesama anggota tim juga jadi aspek yang nggak boleh dikesampingkan.

Siapakah yang bisa menghentikan kiprah klub Stride SMA Hounan? Mampukah Takeru dkk mewujudkan ambisi menjuarai End of Summer?


THE CHARA (sumber gbr: anidb.net):


FUJIWARA TAKERU. Seiyuu: Okamoto Nobuhiko.

Bertolak belakang dengan Riku. Takeru lebih doyan tampil cool. Saat SMP, dia dikenal sebagai atlet stride andal. Takeru sangat percaya pada kemampuan rekan-rekan setimnya dan bisa mengeluarkan potensi terbaik mereka.












YAGAMI RIKU. Seiyuu: Kimura Ryohei.

Meski sempat menolak bergabung dengan klub Stride SMA Hounan, toh akhirnya Riku menikmati aktivitas barunya tersebut. Kemampuan motoriknya patut diacungi empat jempol. Cowok periang ini jago bermacam-macam bidang olahraga.













HASEKURA HEATH. Seiyuu: Ono Daisuke.

Kapten klub Stride SMA Hounan. Murid kelas 3 blasteran Jepang-Inggris ini, selalu tampak easygoing, tapi sangat bertanggung jawab sebagai leader. Kakaknya, Diane, menjadi sponsor utama klub Stride SMA Hounan.












KADOWAKI AYUMU. Seiyuu: Shimono Hiro.

Status ganda sebagai anggota klub Stride SMA Hounan sekaligus ketua klub shogi nggak menghalangi sepak terjangnya di lapangan. Si berisik yang hobi membujuk orang untuk main shogi ini adalah moodmaker di klub.












KOHINATA HOZUMI. Seiyuu: Ono Kensho.

Fisiknya yang ambigu membuat Hozumi sering dianggap sebagai model Diane, kakak Heath. Sebagai runner, kemampuan cowok kalem itu pantang diremehkan. Karena jago parkour, dia dijuluki sebagai trickster-nya Hounan.












SAKURAI NANA. Seiyuu: Hanazawa Kana.

Relationer klub Stride SMA Hounan yang merangkap sebagai manajer. Cewek pindahan dari Hokkaido ini sangat terobsesi pada stride. Berkat kengototannya, klub Stride SMA Hounan bisa bangkit dari kubur.













KUGA KYOUSUKE. Seiyuu: Suwabe Junichi.

Salah seorang member asli klub Stride SMA Hounan. Kyousuke sempat meninggalkan klub karena berselisih dengan Heath. Namun, pemilik skill stride superior itu kembali direkrut untuk mengisi posisi Ayumu yang cedera.













ALL ABOUT STRIDE.

(sumber gbr: tumblr.com)

Stride yang dilakoni para tokoh utama Prince of Stride Alternative tuh susah-susah gampang. Butuh keahlian dan kecakapan untuk menjadi atlet stride. Berikut cara bermain dan istilah-istilah dalam stride.

1. Stride.

Olahraga fiksi yang dimainkan lima runner dan satu relationer dengan lanskap kota sebagai "ladang"-nya. Secara garis besar, stride mirip dengan lari maraton, tapi dibubuhi kombinasi parkour, relay dan sprint.
Trek stride nggak hanya berupa jalur lurus, tapi juga melibatkan halang rintang. Seluruh elemen kota, mulai jembatan hingga gedung bertingkat, bisa menjadi lintasan stride. Runner pertama akan digantikan runner kedua di takeover zone. Begitu pula runner berikutnya.
Para atlet stride bernaung di bawah Japanese Stride Association. Setiap tahun skill para atlet diuji dalam kompetisi tingkat nasional End of Summer. Namun, untuk mengikutinya, tim stride harus melewati serangkaian babak kualifikasi.

2. Takeover Zone.

Zona khusus di mana dua runner harus melakukan high five, Jika high five dilakukan di luar zona tersebut tim akan dianggap gugur.

3. Runner.

Sesuai dengan namanya, tugas runner adalah melahap lintasan demi lintasan dalam stride. Posisi runner dibagi sesuai dengan kemampuan individu mereka. Misalnya, sprinter yang membutuhkan kecepatan untuk course pendek dan pelari jarak panjang hingga 1 km yang menyedot banyak tenaga. Kemudian, ada gimmick yang hanya cocok bagi para atlet dengan kemampuan parkour dan teknik lari bebas.

4. Relationer.

Dalam pertandingan, tugas relationer adalah menjadi perantara antara runner pertama, kedua, dan seterusnya. Instruksi relationer disampaikan kepada runner melalui headset.
Jadi relationer nggak gampang loh. Sebab, relationer harus bisa mengalkulasi timing yang pas bagi runner untuk mulai berlari menuju takeover zone. Terlambat atau terlalu cepat satu detik saja, arah pertandingan bisa berubah drastis. Bahkan, instruksi yang kurang akurat dapat menimbulkan bahaya cedera pada para runner.


DATA ANIME:

Tayang: AT-X, 5 Januari 2016.
Jumlah episode: 5 (dari total 12 episode; on going).
Produksi: Madhouse.
Kreator: Sogata Shuuji.
Sutradara: Isihizuka Atsuko.
Skenario: Kishimoto Taku.
Desain karakter orisinal: Nono Kanako.
Desain karakter: Wang Guonian.
Musik: Fujisawa Yoshiaki.



Sumber: Jawa Pos, 3 Februari 2016.


Tonton anime Prince of Stride Alternative Sub Indonesia, DISINI, DISINI, atau DISINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar