Minggu, 21 Februari 2016

CINEMOVIES: The Witch; Legenda Menyeramkan dari New England...

RATING: 7,6 (IMDb); 7,8 (Rotten Tomatoes).


(sumber gbr: comingsoon.net)
TRAILER-NYA:
 
Menjadi film paling sensasional dalam Sundance Film Festival tahun lalu, The Witch disebut-sebut sebagai film terseram tahun ini. Pendapat tersebut muncul dari banyak kritikus film karena The Witch berhasil menampilkan kesan New England yang spooky pada 1600-an. Seperti The Shining (1980) dan The Exorcist (1973) yang tidak membutuhkan teknologi visual canggih untuk menciptakan kesan seram luar biasa, The Witch membuat penontonnya tidak sanggup "kabur" dari ceritanya yang mengikat.

Dengan seting di tahun 1630 di New England, sebuah keluarga yang terdiri atas pasangan William (Ralph Ineson) dan Katherine (Kate Dickie) beserta anak-anaknya terpaksa hidup di belantara hutan yang tak terjamah. Suatu hari, bayi mereka hilang saat sang kakak, Thomasin (Anya Taylor-Joy), sedang bermain peek-a-boo dengannya. Alangkah kaget Thomasin ketika membuka mata dan si adik bayi telah hilang. Orang tuanya pun mencurigai Thomasin telah bertransformasi menjadi penyihir.

Empat tahun dirasa cukup bagi sutradara Robert Eggers untuk melakukan riset sebelum memproduksi The Witch. Demi mendapatkan gambaran tentang kehidupan masyarakat New England abad ke-17, Eggers rajin berkunjung dari museum ke museum untuk mendalaminya. Cara makan dan berbicara hingga gaya berpakaian mereka diadaptasi betul oleh Eggers. Dia juga mempelajari catatan sejarah yang menceritakan mitos-mitos misteri New England. Ketimbang film horor, Eggers lebih senang menyebut filmnya sebagai cerita rakyat dari New England.
"Saya juga ingin mengantarkan penonton ke era 60-an melalui kostum. Semua kostum adalah hasil jahitan tangan untuk menjaga orisinalitasnya," kata Eggers kepada Bloody Disguisting. Selain kostum, setiap kata yang terucap dalam dialog mengikuti gaya bicara masyarakat abad ke-17.

The Witch tidak memerlukan anggaran yang fantastis. Film itu memanfaatkan pencahayaan alami. Pada film tersebut, terdapat pula salah satu tokoh yang terlupakan. Ya, seekor kambing hitam. Bukannya aneh, adegan dengan kambing tersebut justru dinilai paling menyeramkan dalam The Witch.



DATA FILM:

Sutradara: Robert Eggers.
Produser: Daniel Bekerman, Lars Knudsen, Jodi Redmond, Rodrigo Teixeira, Jay Van Hoy.
Penulis cerita: Robert Eggers.
Pemain: Anya Taylor-Joy, Ralph Ineson, Kate Dickie, Bathsheba Garnett, Harvey Scrimshaw.
Musik: Mark Korven.
Sinematografi: Jarin Blaschke.
Rilis: 19 Februari 2016 (USA).
Durasi: 93 menit.
Produksi: Parts and Labor, RT Features, Rooks Nest Entertainment, Code Red Productions.
Distributor: Universal Pictures International.



SUMBER: Jawa Pos, 19 Februari 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar