Selasa, 27 September 2016

CINEMOVIES: Passengers; Film Luar Angkasa Layak Dinanti...

Tahun 2016 bakal ditutup dengan film-film tema luar angkasa. Tak kurang dari sepekan setelah Rogue One: A Star Wars Story rilis pada 16 Desember, akan hadir Passengers. Film tersebut bakal mempertemukan dua bintang favorit Hollywood, Jennifer Lawrence dan Chris Pratt. Diprediksi bakal menguasai box office.
____________________________________________________________________________________________________________

(sumber gbr: twicopy.org)


TRAILER-NYA:



Tiga tahun terakhir ada banyak film dengan setting luar angkasa yang manuai respons bagus dari penonton maupun kritikus. Pada 2013 ada Gravity, lalu di 2014 para moviegoers membicarakan Interstellar, dan pada 2015 The Martian menjadi film luar angkasa tersukses. Lalu 2016 ada apa? Passengers adalah jawabannya.
Trailer resmi sudah dirilis Selasa (20/9). Cuplikan kurang dari tiga menit tersebut merupakan bocoran pertama yang dirilis Sony dan Columbia Pictures. Cerita film merupakan kombinasi sci-fi action dan drama.

Dikisahkan Jim Preston (Chris Pratt), Aurora Lane (Jennifer Lawrence), dan sekira 5 ribu penumpang pesawat luar angkasa Avalon tengah berhibernasi. Mereka semua dalam perjalanan menuju tempat di luar bumi yang akan menjadi tempat tinggal baru. Perlu waktu 120 tahun untuk sampai ke tempat bernama Homestead II itu.
Namun, Jim dan Aurora bangun 90 tahun lebih awal karena kesalahan fungsi kapsul tidur yang mereka pakai. Tak hanya menyelidiki penyebab gagalnya fungsi kapsul tidur itu, keduanya juga terlibat kisah cinta. Nasib 5 ribu orang yang sedang tertidur itu pun berada di tangan mereka.

Passengers disutradarai Morten Tyldum, pria yang masuk nominasi sutradara terbaik Oscar lewat film tentang Perang Dunia II, The Imitation Game (2014). Tyldum menyebut adalah cita-citanya membuat film sci-fi action. Namun, menggarap film yang rilis 21 Desember mendatang itu, dia merasa mendapatkan jauh lebih tinggi dari ekspektasinya. "Film ini tentang pentingnya untuk hidup bahagia, hidup yang tercukupi," kata pria asal Norwegia tersebut. "Juga tentang romantisme, ini kisah cinta, tentang memaafkan," tambahnya dikutip dari USA Today.
Tyldum tidak mau menceritakan karakter utama film yang naskahnya ditulis Jon Spaihts (Prometheus, 2012) itu. Namun, dia memastikan relasi antara Aurora dan Jim akan sangat menarik sejak awal. Lawrence dan Pratt, kata dia, memiliki chemistry yang sangat kuat.
Menurut Tyldum, bukan hal mudah membangun kisah cinta di film. Sering kali pemain yang dipasangkan tidak saling menyukai. "Tapi, mereka bisa langsung dekat dan bekerja sama dengan baik. Mereka memiliki selera humor yang cocok. Ada romansa, seperti yang dimau penonton," jelas Tyldum.

Cerita memang berpusat pada Jim dan Aurora. Namun, penonton tak perlu bosan. Begitu banyak twist dimunculkan. "Anda akan merasakan betapa hidupnya karakter mereka. Anda akan bersama mereka. Menangis bersama mereka, merasakan ketakutan bersama mereka. Anda harus merasa seperti naik roller coaster," ujar Tyldum.
Film itu juga dibintangi Laurence Fishburne dan Michael Sheen yang berperan sebagai robot bartender bernama Arthur. "Anda tak akan berpikir film ini tentang masa depan yang begitu jauh. Anda akan merasa film ini bisa terjadi sekarang juga, meski aslinya tak bisa," jelas Tyldum.
Soal seting, Tyldum menjanjikan penonton akan dimanjakan dengan gambar dan properti yang optimal. "Kami memiliki pesawat ruang angkasa paling keren setelah Millenium Falcon," canda Tyldum menyebut pesawat dalam film Star Wars.

Bujet film ini lumayan besar. Dikutip dari Forbes, nilainya mencapai USD 120 juta (sekira Rp 1,56 triliun). Tak hanya memasang nama besar di deretan pemain, orang-orang di balik Passengers juga sangat mumpuni. Spaihts masuk most wanted scriptwriter di Hollywood. Dia menulis naskah Doctor Strange, The Mummy, dan remake Van Helsing. Selain itu, duduk di jabatan director of photography, ada Rodrigo Prieto, sinematografer besar yang ada di balik film Brokeback Mountain, Babel, Argo, dan The Wolf of Wall Street. Saat ini dia bekerja sama dengan Martin Scorsese di film baru Silence. Jadi tak sabar menanti Desember tiba.


JLAW RP 260 M, PRATT CUKUP RP 131 M.

JLaw dan Chris Pratt kala menghadiri acara CinemaCon 2016.(sumber gbr: telegraph.co.uk)

Dua tahun lalu, Jennifer Lawrence curhat masalah kesenjangan bayaran antara aktris dan aktor di Hollywood. Kegelisahannya itu kini terbayar. Untuk Passengers, aktris berpendapatan tertinggi 2015 dan 2016 versi majalah Forbes itu mendapat honor USD 20 juta (sekira Rp 261,6 miliar). Selain itu, dia akan menerima 30 persen pendapatn bersih film.
Sementara itu, Chris Pratt menerima bayaran yang jauh lebih rendah, yakni USD 12 juta (sekira Rp 157 miliar). "Bayaran Chris naik dari nego awal, USD 10 juta (sekira Rp 131 miliar), karena Jurassic World yang dibintanginya masuk box office worldwide," ungkap sumber Sony sebagaimana dikutip Just Jared.

Wajar bila Lawrence meminta bayaran lebih tinggi. Aktris berusia 26 tahun yang punya nama julukan JLaw tersebut punya akting yang melebihi rata-rata. Di usia 20 tahun, dia sudah masuk nominasi Aktris Terbaik Oscar lewat Winter's Bone. Mantan kekasih Nicholas Hoult itu sudah mengoleksi 1 piala Oscar, 1 piala BAFTA, dan 3 piala Golden Globes. Dia juga merupakan aktris kesayangan publik dengan image bagus.
Bagaimana dengan Pratt? Aktor berusia 35 tahun tersebut boleh jadi mengawali karier lebih dahulu ketimbang Lawrence. Namun, dia baru mendapat peran utama pada 2014. Namanya melambung pada tiga tahun terakhir setelah membintangi Guardians of Galaxy dan Jurassic World. Karena dua film tersbut, ayah satu anak itu punya predikat sebagai social media darlings. Sementara itu, sang sutradara Morten Tyldum, mendapat bayaran USD 3 juta (sekira Rp 39,25 miliar).


DATA FILM:

Sutradara: Morten Tyldum.
Produser: Stephen Hamel, Michael Maher, Ori Marmur, Neal H. Moritz.
Penulis skenario: Jon Spaihts.
Pemain: Jennifer Lawrence, Chris Pratt, Laurence Fishburne, Michael Sheen.
Musik: Thomas Newman.
Sinematografi: Rodrigo Prieto.
Editor film: Maryann Brandon.
Produksi: Columbia Pictures, LStar Capital, Village Roadshow Pictures.
Distributor: Columbia Pictures.
Bujet: USD 120 juta.
Rilis: 23 Desember 2016 (Indonesia dan Britania Raya); 21 Desember 2016 (AS); 22 Desember 2016 (Singapura).


TAHUKAH KAMU?

- Sebelum diperankan Pratt, tokoh Jim Preston ditawarkan kepada Keanu Reeves. Sedangkan peran Aurora Lane diperebutkan oleh Reese Witherspoon, Emily Blunt, hingga Rachel McAdams.

- Passengers sama-sama jadi film kedua di tahun 2016 bagi JLaw dan Pratt. Film pertama Pratt yang rilis tahun ini adalah The Magnificent Seven, sedangkan JLaw adalah X-Men: Apocalypse.

- Naskah Passengers sudah masuk Blacklist pada 2007. itu adalah kumpulan naskah-naskah terbaik yang belum difilmkan.


RESPONS BAGUS FILM  LUAR ANGKASA.

Film dengan seting luar angkasa punya catatan positif dalam kurun tiga tahun terakhir. Rating bagus, pendapatan tinggi, award pun mereka dapat. Berikut diantaranya:

1. GRAVITY (2013).

Cast: Sandra Bullock, George Clooney.
Sutradara: Alfonso Cuaron.
Bujet: USD 100 juta (sekira Rp 1,3 triliun).
Pendapatan: USD 732,2 juta (setara Rp 9,5 triliun).
Rating: 7,8 (IMDb); 9 (Rotten Tomatoes).
Penghargaan: 7 Oscar, 6 BAFTA, 1 Golden Globes, 3 People's Choice Awards.

2. INTERSTELLAR (2014).

Cast: Matthew McConaughey, Anne Hathaway.
Sutradara: Christopher Nolan.
Bujet: USD 165 juta (sekira Rp 2,15 triliun).
Pendapatan: USD 675,1 juta (setara Rp 8,83 triliun).
Rating: 8,6 (IMDb); 7 (Rotten Tomatoes).
Penghargaan: 1 Oscar, 6 Saturn Awards, 1 BAFTA, 1 Critics' Choice Awards.

3. THE MARTIAN (2015).

Cast: Matt Damon, Jessica Chastain.
Sutradara: Ridley Scott.
Bujet: USD 108 juta (sekira Rp 1,41 triliun).
Pendapatan: USD 630,2 juta (setara Rp 6,24 triliun).
Rating: 8 (IMDb); 7,8 (Rotten Tomatoes).
Penghargaan: 2 Golden Globes, 1 People's Choice Awards, 1 Saturn Awards.


SUMBER: Jawa Pos, 25 September 2016; imdb.com; rottentomatoes.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar