Minggu, 26 Juli 2015

CINEMOVIES : PIXELS; Back To The Eighties!!!!

RATING-per 26 Juli 2015- : 5,1 (IMDB); 3,8 (Rotten Tomatoes)


(imdb.com)

Permainan arcade seperti Pac-Man, Donkey Kong, Centipede, Q*bert, dan Galaga pasti sudah tidak asing lagi bagi para gamers. Untuk mengobati kerinduan fans permainan-permainan yang booming pada 1980-an itu, Chris Columbus, sutradara Harry Potter dan Night at the Museum, hadir dengan film scifi komedi, Pixels, yang akan mengajak penonton bernostalgia.

Tetapi, Pixels tak hanya menyuguhkan keasyikan bermain sejumlah game lawas tersebut. Sang sutradara seakan ingin memutar mindset penonton yang pernah memainkan game itu dengan menjadikan karakter-karakter game sebagai musuh manusia. Tentu saja, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi Pixels.
"Aku benar-benar jatuh cinta dengan karakter-karakter itu. Aku suka campuran komedinya yang tak bisa kulakukan di film lain," ujar Columbus sebagaimana dilansir dari Focus News.

Sutradara kelahiran 1958 tersebut sudah lama ingin mengeksplorasi genre komedi dengan rasa action-adventure yang ditambah dengan mix and match pengalamannya selama bertahun-tahun di balik layar blockbuster.
Setelah pencarian skrip yang cukup lama, dia akhirnya menemukan Pixels. "Banyak orang yang berharap aku membuat film-film seperti Harry Potter dan Night at the Museum. Skrip Pixels-lah yang orisinalitas dan keunikannya terasa. Aku pun merasa harus menggarapnya," jelas Columbus dilansir dari Uproxx.

Pixels, bercerita tentang serangan alien ke bumi dengan menggunakan game. Presiden Will Cooper (Kevin James) pun memanggil teman masa kecilnya, Sam Brenner (Adam Sandler), yang dulu seorang gamer profesional. Brenner lantas memimpin serangan balik ditemani Eddie Plant (Peter Dinklage) dan Ludlow Lamonsoff (Josh Gad) dengan menerapkan teknologi pada game.

Demi mewujudkan sisi komedi dan petualangan seperti yang Columbus inginkan, pemilihan para pemain tak bisa sembarangan. Sandler akhirnya dipercaya untuk memainkan peran utama. Selain karena kemampuan akting komedinya yang tak perlu diragukan lagi, ternyata dulu Sandler merupakan seorang gamer.
"Aku menguasai beberapa skill. Tapi, saat aku makin tua dan banyak game baru yang bermunculan, aku tak lagi bermain dengan baik," ucapnya dilansir dari Belfast Telegraph. Meski permainan yang diusung dalam Pixels kental dengan era masa mudanya, Sandler optimistis Pixels akan memperoleh tempat di hati semua orang, tak terkecuali anak-anak. "Semua anak pasti tahu Pac-Man!" tegasnya.

Meski begitu, soundtrack Pixels tak memanfaatkan elemen 8 bit/midi. Pixels malah mengusung orchestral symphonic score yang disayangkan banyak orang. "Kami sudah mengusung karakter-karakter ikonis dan sound effects-nya. Rasanya aneh kalau kami juga memakai musik 8-bit. Columbus ingin menggunakan simfoni orkestra untuk merayakan era pembuatan film E.T., Raider of the Lost Ark, dan Star Wars," jelas Henry Jackman, komposer soundtrack Pixels, dilansir dari Hollywood Reporter.



RILIS VIDEO DENGAN GOPRO.


Video behind the scene merupakan salah satu yang dinanti para penonton film. Sebab, beberapa adegan lucu dan gagal hingga take yang dilakukan berulang-ulang mampu membuat para penonton memahami effort seorang aktor. Namun, ada yang berbeda dengan video behind the scene Pixels. Video yang dirilis Sony tersebut berhasil membikin para penonton takjub karena digarap dengan kamera GoPro.
Dalam video yang diunggah ke Youtube itu, kamera dengan ciri khas lensa superwide tersebut merekam beberapa adegan penting. Mulai adegan pengejaran mobil, tabrakan mobil, hingga adegan saat Adam Sandler dan kawan-kawannya melawan alien dengan menembakkan pistol khusus. Bukan hanya itu, GoPro tersebut juga merekam beberapa efek ledakan yang cukup besar dalam Pixels.

Untuk merekam adegan-adegan itu, ternyata para sinematografer Pixels juga menggunakan crane dengan rel. Dengan begitu, kamera bisa digerakkan bebas dan tak luput mengikuti semua adegan ketika proses syuting. Selain itu, saat adegan pengejaran, para sinematografer memakai sebuah crane yang dipasang di atas mobil, agar dapat mengambil gambar dari sudut atas. Suasana pembuatan film itu pun terlihat jelas.


trailer film Pixels...(youtube.com)


DATA FILM :

Sutradara : Chris Columbus.
Produser : Adam Sandler, Chris Columbus, Allen Covert, Mark Radcliffe, Michael Bernathan.
Penulis naskah dan skenario : Tim Herlithy, Timothy Dowling.
Pemain : Adam Sandler, Kevin James, Michelle Monaghan, Peter Dinklage, Josh Gad.
Musik : Henry Jackman.
Sinematografer : Amir Mokri.
Editor : Hughes Winborne.
Distributor : Columbia Pictures.
Durasi : 105 menit.
Bujet : USD 90 juta.
Rilis : 24 Juli 2015 (USA).



SUMBER : Jawa Pos, 24 Juli 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar