Jumat, 09 Oktober 2015

CINEMOVIES : Crimson Peak; Love Makes Monsters of Us All...

RATING : 8,6 (IMDB).


(imdb.com)

"Gorgeous and just super terrifying."
Begitulah pendapat Stephen King, penulis buku horor dan supernatural ternama asal Amerika, di akun Twitter-nya setelah menyaksikan skrining Crimson Peak. Film yang disutradarai Guillermo del Toro itu memang tak seperti kebanyakan film horor yang menampilkan makhluk halus saja. Sebab, Del Toro lebih suka film terbarunya tersebut disebut sebagai gothic romance.
"Gothic romance merupakan atmosfer gabungan dari fairy tale atau film horor dengan kisah cinta yang mengungkapkan sisi gelap cinta itu sendiri," terang Del Toro kepada Variety.

Mengambil setting di era Victoria, Crimson Peak bercerita tentang Edith Cushing (Mia Wasikowska) yang terjebak di sebuah rumah penuh misteri setelah jatuh cinta kepada Sir Thomas Sharpe (Tom Hiddleston). Roh-roh halus bermunculan sembari Cushing menguak sejarah mansion dan keluarga Sharpe. Bukan hanya itu, adik kekasihnya, Lady Lucille Sharpe (Jessica Chastain), juga menyimpan sejuta misteri.

Sebagaimana diketahui, selain The Innocents (1961) dan The Haunting (1963), ternyata beberapa adegan dalam film tersebut terinspirasi dari pengalaman pribadi sang sutradara. Salah satunya adalah saat dia bermalam di Waitomo Caves Hotel, Selandia Baru, dia tengah proses syuting The Hobbit: An Unexpected Journey (2012). Saat itu Del Toro memesan kamar paling menyeramkan.
"Hotel itu kosong seperti di film-film horor. Aku dengar pernah ada pembunuhan di salah satu kamar. Aku sangat takut sampai tak tidur semalaman," ujar Del Toro kepada Stuff. Perasaan seperti itulah yang ingin dia hadirkan ke dalam film Crimson Peak.

Del Toro menulis Crimson Peak sejak 2006 setelah Pan's Labyrinth (2006) dirilis. Namun, banyak studio Hollywood yang menolak untuk memproduksinya. Sebab, meski biaya produksinya "cukup murah", yakni USD 50 juta (sekitar Rp 693 miliar), Hollywood menginginkan film yang teenage freindly. Akhirnya, Del Toro menggandeng Legendary Pictures yang juga memproduksi filmnya, Pacific Rim (2013), untuk membuat Crimson Peak sesuai dengan rencana. Yaitu, dark, sensual, dan violent.

Demi merealisasikannya, Legendary Pictures harus mengeluarkan bujet ekstra. Sebab, keseluruhan mansion keluarga Sharpe adalah custom-made. Mansion yang dibuat di Toronto itu menggambarkan kejiwaan karakternya.
"Kami membuat setiap furnitur dalam dua ukuran. Saat karakternya lemah, dia akan terlihat lebih kecil di antara furnitur yang besar. Begitu juga sebaliknya. Kami juga mengusung tema kupu-kupu versus ngengat di seluruh mansion untuk menunjukkan dua sisi femininity," jelas Del Toro kepada LA Times. Sayangnya, mansion yang Del Toro anggap sebagai rumah impiannya itu harus dirobohkan setelah proses syuting Crimson Peak berakhir.

TRAILER-NYA:





DATA FILM:

Sutradara: Guillermo del Toro.
Produser: Jillian Share, Guillermo del Toro, Callum Greene, Jon Jashni, Thomas Tull.
Naskah dan skrip: Guillermo del Toro, Matthew Robbins.
Pemain: Mia Wasikowska, Tom Hiddleston, Jessica Chastain, Charlie Hunnam, Jim Beaver.
Musik: Fernando Velazquez.
Sinematografi: Dan Laursen.
Dekorator set: Jeffrey A. Melvin, Shane Vieau.
Desainer kostum: Kate Hawley.
Produksi: Legendary Pictures.
Distributor: Universal Pictures.
Durasi: 118 menit.
Rilis: 16 Oktober 2015 (USA).


TAHUKAH KAMU?


- Awalnya peran Sir Thomas Sharpe diberikan kepada Benedict Cumberbatch. Namun, Cumberbatch mengundurkan diri. Dia menyatakan bahwa keputusannya itu tak berkaitan dengan perannya pada Star Wars: Episode VII - The Force Awakens (2015).

- Adegan Edith kecil yang sedang tidur dan diganggu makhluk halus ternyata merupakan pengalaman nyata ibu Del Toro saat masih anak-anak. Dia bisa mencium aroma tubuh sang ibu, nenek Del Toro, dan merasakan berat badan di atas tempat tidur.

- Pada trailer Crimson Peak, wajah si hantu tak ditampilkan. Tapi, Funko telah mengunggah koleksi Crimson Peak Pop! Vinyl-nya yang bakal diluncurkan. Selain karakter Edith dan Thomas Sharpe, ada karakter seram bernama Mother Ghost. Apakah itu spoiler?

- Ternyata Guillermo del Toro memang berencana kembali bekerja sama dengan Charlie Hunnam sejak syuting Pacific Rim (2013). Kali ini Hunnam berperan sebagai Dr Allan McMichael, teman masa kecil Edith. Hunnam pun tertarik memerankan Alan lantaran karakter itu berbeda dengan karakter-karakter yang pernah diperankan sebelumnya, yaitu antihero.



SUMBER : Jawa Pos, 9 Oktober 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar