Minggu, 06 Desember 2015

SOCCERIOR: Manchester City dan Persiapan Logo Baru Musim Depan...

Manchester City berencana mengubah logo yang dipakainya dalam 19 tahun terakhir. Mereka memutuskan kembali ke logo yang lebih retro mulai musim depan.
_________________________________________________________________________________________________________

Minta Diganti: Evolusi logo emblem klub Manchester City dari masa ke masa. Musim depan mereka bakal berganti logo.(sumber gbr:bola.net)

Kepala elang ditambah sayap warna kuning keemasan, perisai, kapal, dan tiga bintang identik dengan Manchester City. Logo yang digunakan City era chairman Francis Lee tersebut resmi digunakan City sejak 1997.
Namun, dalam beberapa pekan terakhir, gelombang tuntutan suporter untuk menghapus logo tersebut semakin besar. Lambang tersebut dianggap kurang menghargai sejarah panjang City.
Dari hasil diskusi sejarah klub yang dilangsungkan City, penggunaan logo elang itu mengacu kepada perkembangan industri penerbangan yang pesat di Manchester pasca Perang Dunia II. Sedangkan tiga bintang di atasnya sekadar dekorasi tanpa punya arti tertentu.
Sekretaris Jenderal Manchester City FC Supporters Club Kevin Parker mengatakan, City harus kembali ke pakemnya. Dari hasil diskusi, mereka meminta klub mengganti logo klub seperti era 1970-an.

Dari penelusuran histori klub, sudah tiga kali logo City berubah. Yang pertama tercatat pada 1930-an. Logo City berbentuk bulat dengan tulisan Manchester City FC yang melingkar.
Kemudian, di dalam lingkarang itu terdapat perisai. Bagian atas perisai terdapat kapal yang merupakan lambang kanal pelabuhan Kota Manchester. Di bagian bawah terdapat tiga garis yang melambangkan tiga sungai besar di Manchester, yakni Irwell, Irk, dan Medlock.

Lantas logo itu bergeser pasca Perang Dunia II. Bedanya hanya pada tiga garis di bawah kapal. Bukan lagi tiga garis, melainkan diganti bunga mawar merah yang merupakan lambang Distrik Lancashire.




Bakal Dapat Kompensasi: Deretan fans City yang rela merajah tubuhnya dengan logo klub. Seiring berjalannya rencana pergantian logo City, mereka bakal mendapat kompensasi jika ingin menghapus tato tersebut.(sumber gbr: thetimes.co.uk; gettyimages.com; mirror.co.uk)

"Kami sangat senang karena klub mau mendengar masukan dari kami, para suporter, soal penggantian logo. Kami melihat klub menaruh perhatian besar kepada fans yang peduli dengan histori ini," tutur Parker seperti dikutip dalam situs resmi City.
Parker menuturkan, walau logo kepala elang diganti, gambar tersebut tetap hidup dalam hati para fans, Bahkan, beberapa merajah bagian tubuhnya dengan lambang City sebagai bentuk identitas.
Seperti diberitakan Daily Mail, fans City rela menggambari logo klub pengoleksi empat gelar juara Liga Inggris di bagian mana pun tubuhnya. Punggung, lengan, kaki, hingga kepala tidak luput dari logo klub sebagai ekspresi kecintaan.
Dan kabarnya, City siap menanggung kompensasi atas pergantian logo itu kepada para fans yang sudah merajah tubuhnya dengan logo lama. Berapa sih harga penghapusan tato di Inggris?
"Untuk sewa studio per jam penghapusan tato dikenakan biaya 50 poundsterling (Rp 1,05 juta). Lalu, penghapusan gambar yang berukuran sekitar 30 sentimeter sekitar 2.000 pounsterling (Rp 41,6 juta)," tulis salah satu sumber Daily Mail kemarin (5/12).

Pakar sejarah sepak bola Manchester City Gary James mengatakan, logo City yang berbentuk lingkaran ternyata lebih diminati. Tidak heran, bila dibandingkan dengan logo elang emas, logo City era retro lebih dianggap klasik dan menawan.
"Pihak klub melaporkan sedang bekerja sama dengan para desainer untuk membuat badge anyar. Mereka akan melemparkan soal desain baru itu kepada fans untuk dimintakan pendapat," ujar James.



SUMBER: Jawa Pos, 6 Desember 2015.