Jumat, 12 Februari 2016

CINEMOVIES: Zootopia; Misi si Kelinci Membuktikan Diri...

RATING: 8,8 (IMDb).

(sumber gbr: comingsoon.net)

Jika sutradara dua animasi hebat disatukan, apa yang akan terjadi? Kira-kira seperti itulah yang dipikirkan Disney sebelum memutuskan untuk membuat Zootopia. Menggandeng sutradara Tangled (2010), Byron Howard, dan sutradara Wreck-it Ralph (2010), Rich Moore, film animasi hewan tersebut mulai tayang di Indonesia pada 17 Februari mendatang. Untuk menyempurnakan hasilnya, Jared Bush ditunjuk sebagai co-director.
"Film tentang hewan di habitat hewan sudah ada. Film tentang hewan di dunia manusia juga sudah ada. Tapi, belum ada film tentang binatang di habitatnya yang lebih modern," kata Howard pada ComingSoon. Karena itu, Zootopia jelas patut dinanti para pecinta animasi. Selain itu, Howard menyatakan bahwa twist ceritanya berhasil membuat Produser Eksekutif John Lasseter sangat excited.

Seperti apakah habitat modern hewan yang diangkat? Sesungguhnya habitat modernnya tak jauh berbeda dengan kota metropolis manusia. Hanya, animal city itu dihuni hewan mamalia. Iklan-iklan yang terpampang pun dibintangi hewan. Misalnya, iklan Preyda, pelesetan fashion brand Prada, dibintangi Gazelle (Shakira), seekor kijang. Hewan-hewan tersebut berjalan dengan dua kaki dan memanfaatkan fasilitas-fasilitas modern layaknya manusia.

Suatu hari, seekor kelinci datang ke kota. Ia adalah Judy Hopps (Ginnifer Goodwin). Dengan berani, ia bergabung dengan Kepolisian Zootopia yang beranggotakan hewan-hewan berbadan besar. Otomatis, ia diremehkan. Untuk membuktikan kemampuannya, Hopps memutuskan menyelesaikan kasus hilangnya berang-berang. Dibantu seekor rubah merah, Nick Wilde (Jason Bateman), mereka hanya punya waktu 48 jam.

Sebelumnya, pada D23 Expo tahun lalu, tim produksi menampilkan karakter Wilde sebagai peran proragonis dan Hopps sebagai pemeran pendukung. Namun, pada trailer yang dirilis November 2015, Hopps telah menjadi pemeran utama. Ternyata Howard dan Moore ingin menampilkan karakter si rubah Wilde dari sudut pandang Hopps.
Meski tidak mengusung karakter manusia sama sekali, Zootopia tidak lantas dikerjakan tanpa tantangan. Tim produksi membutuhkan waktu 18 bulan untuk mempelajari semua yang berhubungan dengan hewan. Mulai menjelajahi Animal Kingdom di Walt Disney World, sampai pergi ke Kenya untuk mengamati kehidupan hewan di alam bebas. Tidak cukup sampai di situ, mereka juga harus membuat detail bulu berbeda untuk setiap hewan.

Untungnya, tantangan itu menjadi tidak berarti berkat kerja sama yang sangat baik antar kedua sutradara. "Rasanya menyenangkan ada seseorang untuk berbagi. Kadang, saat ada yang bertanya mana yang lebih baik antara dua hal, semua lebih mudah ketika ada seseorang yang bisa kamu tanyai, 'Aku tidak yakin, bagaimana menurutmu?" ujar Howard pada ComingSoon. "Kami selalu mendukung satu sama lain sebagai bagian dari kepercayaan dalam membuat cerita ini," tandas Moore.



SHAKIRA AKHIRNYA TERIMA TAWARAN MAIN FILM.

(sumber gbr: scoopnest.com)

Selama ini, selain cerita yang menyentuh dan penuh pesan, film-film Disney dikenal dengan soundtrack yang indah. Tidak heran jika kali ini Disney menggandeng Shakira sebagai pengisi suara Gazelle, sang diva. Uniknya, selebriti Zootopia itu mengenakan kostum panggung yang sama dengan dirinya. "Hampir seluruh detailnya merupakan diriku. Mulai mata, hidung, sampai jenis rambut," kata Shakira dilansir dari Billboard.

Sebelum menyetujui ajakan sutradara untuk bergabung, Shakira mengunjungi studio Walt Disney di Los Angeles untuk melihat penggambaran para karakter, termasuk karakter Gazelle. "Aku langsung jatuh cinta dan tanpa berpikir dua kali menyetujuinya," tutur penyanyi asal Kolombia tersebut pada Latin Times. Padahal, tawaran proyek film yang beberapa kali datang ditolak Shakira karena tidak sesuai dengan karakternya. Karena itu, dia tidak merasa sungkan saat meminta animator Disney memeperbesar pinggul Gazelle.
"Bagiku sih, ia (Gazelle) terlalu kurus. Ia perlu pinggul untuk bergoyang di panggung. Makanya, aku meminta mereka memperbesarnya," ujar Shakira pada koran El Pais ketika premiere Zootopia di Barcelona. "And they did it!" lanjutnya.

Akhir Januari lalu, salah satu lagu yang dinyanyikan Gazelle dalam film dirilis sebagai soundtrack utama. Lagu tersebut berjudul Try Everything. Dilansir dari Music Times, lagu itu ternyata merupakan hasil kolaborasinya dengan Sia sebagai co-writer. Tidak heran bila Try Everything punya pesan yang dalam, khususnya bagi anak-anak. Lagu tersebut menggambarkan optimisme dan percaya diri dalam menghadapi masalah.

TRAILER-NYA:





SOUNDTRACK-NYA:


DATA FILM:

Sutradara: Byron Howard, Rich Moore, Jared Bush.
Produser: Clark Spencer.
Pemain/pengisi suara: Ginnifer Goodwin, Jason Bateman, Shakira, Idris Elba, J.K Simmons, Nate Torrence, Janny Slate, Bonnie Hunt, Don Lake, Octavia Spencer, Tommy Chong.
Screenplay: Jared Bush, Phil Johnson.
Musik: Michael Giacchino.
Produksi: Walt Disney Pictures, Walt Disney Animation Studios.
Distributor: Walt Disney Studios, Motion Pictures.
Rilis: 17 Februari 2016 (Indonesia), 4 Maret 2016 (AS).
Durasi: 108 menit.



SUMBER: Jawa Pos, 12 Februari 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar