Sabtu, 27 Agustus 2016

CINEMOVIES: The Secret Life of Pets; Intip Tingkah Laku Seru Hewan Peliharaan...

RATING: 6,8 (IMDb); 6,3 (Rotten Tomatoes).

(sumber gbr: screenjabber.com)


TRAILER-NYA:







Apa yang terjadi pada para hewan peliharaan ketika pemiliknya tidak berada di rumah? Ide cerita itulah yang menginspirasi Chris Renaud dalam mengonsep film terbarunya, The Secret Life of Pets. Film produksi Illumination Entertainment tersebut memang merupakan buah karya orang-orang yang pernah menyukseskan film Despicable Me, termasuk Renaud sendiri. Tidak ayal, film berdurasi 90 menit itu juga diharapkan menuai sambutan yang hangat layaknya kisah para minion.
Tayang di Indonesia sejak 24 Agustus lalu, The Secret Life of Pets tidak hanya memikat penonton berusia anak-anak. Dengan kisah hewan peliharaan, film itu tentu mampu menghibur semua kalangan.

Diceritakan, Max adalah seekor anjing yang mengklaim dirinya sebagai hewan peliharaan paling bahagia di New York. Max (disuarakan Louis C.K) memiliki Katie (disuarakan Ellie Kemper), majikan yang sangat menyanyanginya dan memberikan sebuah tempat tinggal yang nyaman.
Sebagai anjing peliharaan, Max berteman dengan beberapa hewan peliharaan di sekitar kamar apartemennya. Ada Gidget (disuarakan Jenny Slate), ann\jing imut berbulu putih yang diam-diam naksir Max. Serta Chloe (disuarakan Lake Bell), Sweetpea, Mel (disuarakan Bobby Moynihan), dan lainnya yang setia menemani Max saat ditinggal majikannya beraktivitas. Sesuai dengan judulnya, The Secret Life of Pets menceritakan kegiatan-kegiatan hewan peliharaan tersebut ketika pemiliknya pergi. Alhasil, tindakan-tindakan konyol mereka yang tidak terduga dijamin memancing tawa para penonton.
Masalah hadir ketika Katie pulang dengan membawa Duke (disuarakan Eric Stonestreet), shaggy dog cokelat dengan ukuran yang besar. Pertengkaraan untuk mendapatkan perhatian Katie memaksa Max dan Duke terlepas di jalanan tanpa kalung tanda hewan peliharaan. Mulai diserang kucing jalanan, dikejar tim animal control, hingga bertemu Snow Ball (disuarakan Kevin Hart), kelinci imut pemimpin The Flushed Pets, semua mereka alami selama jauh dari Katie. Misi penyelamatan pun dilakukan setelah Gidget menyadari Max menghilang.

Meski The Secret Life of Pets termasuk film animasi yang menghibur, tidak jarang adegan yang disajikan juga menimbulkan rasa kesal hingga haru. "Salah satu tantangan dalam membuat film ini adalah membuat beberapa karakter menjadi agresif di awal. Lalu, kami buat semua orang berempati dengan karakter tersebut," jelas Renaud dilansir dari Animation World Network.
Renaud menjelaskan, karakter seperti Duke dan Snow Ball memang diciptakan untuk membuat kesal para penonton di awal dengan tingkahnya yang semena-mena. Tentu Renaud beserta tim tidak hanya menyiapkan ide cerita dengan sangat detail. Pembuatan animasi untuk setiap karakter turut menjadi perhatiannya selama proses produksi. "Kami meminta bantuan seorang dog trainer untuk menjelaskan perilaku para anjing sehari-hari," tutur Renaud dikutip dari The Morning Call.
Selain itu, Renaud yang pernah mempunyai anjing peliharaan saat masa kecil mengandalkan ingatannya dalam membangun emosi di film. "Shammy (nama anjing peliharaan Renaud, Red) jelas menjadi bagian dalam film ini," ujarnya.

Bermodal ide cerita yang mirip dengan Toy Story produksi Walt Disney namun kurang maksimal saat eksekusi membuat film itu sempat diprediksi sepi peminat. Ternyata film dengan biaya produksi USD 75 juta tersebut justru mampu meraup pendapatan hingga USD 675 juta secara worldwide dalam 6 minggu. Angka itu tak ayal menempatkan The Secret Life of Pets menjadi salah satu the biggest hits of the year. Bahkan, Illumination Entertainment telah memastikan sekuel film tersebut akan ditayangkan pada 2018.


DATA FILM:

Sutradara: Chris Renaud, Yarrow Cheney.
Produser: Chris Meledandri, Janet Healy.
Pengisi suara: Louis C.K, Eric Stonestreet, Kevin Hart, Steve Coogan, Ellie Kemper, Bobby Moynihan, Lake Bell, Dana Carvey, Hannibal Buress, Jenny Slate, Albert Brooks.
Penulis: Brian Lynch, Cinco Paul, Ken Dauro.
Musik: Alexandre Desplat.
Editor: Ken Schretzmann.
Produksi: Illumination Entertainment.
Distributor: Universal Pictures.
Rilis: 8 Juli 2016 (AS), 24 Agustus 2016 (Indonesia).
Durasi: 90 menit.


SUMBER: Jawa Pos, 26 Agustus 2016, IMDb.com, rottentomatoes.com.