Sabtu, 18 Maret 2017

CINEMOVIES: SABAN'S POWER RANGERS: Go Go Power Rangers!

Rating: - (IMDb).


(sumber gbr: comingsoon.net)


TRAILER-NYA:



 
Hayo, siapa yang baca judul di atas sambil bernyanyi? Yap, soundtrack serial superhero paling hit era 90-an itu emang fenomenal. Nah, kabar baiknya kelima ranger ini siap kembali menyelamatkan dunia pada 24 Maret mendatang. Lewat film bertajuk Saban's Power Rangers, pihak produksi Lionsgate siap membuat penggemar superhero tersebut untuk flash back dengan era Mighty Morphin Power Rangers.
Sejak trailer pertamanya dirilis pada Oktober tahun lalu, euforia penggemar makin nggak terbendung. Apalagi, Dean Israelite sebagai sutradara memberikan banyak surprise lewat trailer berdurasi 2,5 menit tersebut. Mulai alur cerita, sinematografi, hingga desain kostum para ranger dibuat lebih futuristis.
Meski harus menghidupkan kembali karakter Power Rangers di tengah mendominasinya superhero milik Marvel dan DC, Israelite yakin karyanya mampu bersaing. "Saya selalu berpikir Power Rangers memiliki nilai sejarah tinggi," tegasnya dilansir Hollywood Reporter.

Pihak produksi pun bertaruh besar pada film tersebut. Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, versi terbaru itu menjadikan efek visual sebagai senjata utama karya mereka. Demi mewujudkan sinematografi yang apik, tim produksi mengeluarkan biaya lebih dari USD 105 juta.
Usaha besar tim produksi terlihat dari pemberian efek CGI pada beberapa adegan. Misalnya, yang terlihat pada battle scene antara para ranger dan Rita Repulsa (Elizabeth Banks), musuh terbesar mereka di film tersebut. Selain itu, efek CGI yang apik digunakan untuk menunjukkan adegan fenomenal para ranger yang berubah wujud menjadi Megazord.

Walau mengusung unsur modern, Israelite nggak melupakan ciri khas kisah Power Rangers. Dia berusaha menjaga adanya kesetaraan gender serta mengedukasi terkait dengan etnis dan ras. "Keberagaman adalah yang paling penting sehingga kami mempertahankan karakter setiap pemain tetap asli," ujar Israelite dilansir dari People.
Kelima pemain yang beruntung tergabung menjadi skuad rangers kali ini adalah Dacre Montgomery (Jason Scott/Red Ranger), Naomi Scott (Kimberly Hart/Pink Ranger), RJ Cyler (Billy Cranston/Blue Ranger), Ludi Lin (Zack Taylor/Black Ranger), dan Becky G. (Trini Kwan/Yellow Ranger).

Berbeda dengan cerita di serial TV Mighty Morphin Power Rangers (1993-1999), para rangers nggak lagi digambarkan sebagai anak-anak berprestasi dan populer di sekolah. Diceritakan, kelima ranger terdiri atas anak-anak bermasalah. Mulai remaja yang terlibat kasus kriminal sampai korban bullying. Nggak heran, film itu akan memberikan kesan "dark" yang lebih kuat daripada film sebelumnya.
Nah, penasaran kan dengan alur ceritanya? Diceritakan bahwa kelima ranger ini awalnya mengikuti kelas pembelajaran di kota kecil, Angel Grove. Tanpa disadari, kota tersebut ternyata terancam oleh serangan alien. Billy Cranston, salah seorang siswa, kemudia menemukan sebuah batu misterius. Setelah peristiwa itu, mereka tiba-tiba menjadi manusia dengan kekuatan super. Mereka berlima harus berlatih bersama Zordon (Bryan Cranston) dan Alpha 5.

Setelah dua film sebelumnya, Mighty Morphin Power Rangers: The Movie (1995) dan Turbo: A Power Rangers Movie (1997), film kali ini nggak lagi didistribusikan 20th Century Fox. Di bawah naungan Lionsgate, Saban's Power Rangers diharapkan dapat menuai kesuksesan seperti film dan serial TV sebelumnya. Nah, kira-kira gimana ya hasil eksekusi film berdurasi 124 menit tersebut?



TRIVIA

Para penggemar Power Rangers, mungkin udah nggak sabar menunggu film terbaru superhero warna-warni tersebut. Terlepas dari segala ekspektasi, Dean Israelite, sang sutradara, melakukan yang terbaik untuk mengobati rasa rindu para penggemar Power Rangers. Beberapa perbedaan juga disiapkan Israelite dan tim produksi untuk memberikan kesan furutistis pada karya terbarunya tersebut.

- Kisah Cinta yang Berbeda.

 (sumber gbr: pinterest.com)

Kisah superhero nggak lengkap tanpa cerita cinta. Pada serial TV Mighty Morphin Power Rangers (1993), Kimberly (Pink Ranger) terlibat urusan asmara dengan Tommy (White Ranger). Sementara itu, pada serial TV Power Rangers Zeo (1996), Jason (Red Ranger) punya kisah cinta dengan karakter Emily. Nah, di film kali ini, Kimberly justru beradegan couple dengan karakter Jason.

- Bukan Kulit Hitam.

(sumber gbr: digitalspy.com)

Power Rangers merupakan salah satu film superhero yang mengedepankan ras dan gender. Termasuk lewat pemilihan aktor dan aktrisnya. Kalau pada serial TV Mighty Morphin Power Rangers (1993) karakter Black Ranger diperankan orang berkulit hitam, film baru ini sedikit berbeda. Karakter Zack Taylor alias Black Ranger justru diperankan Ludi Lin yang berkulit putih dan berkebangsaan Tiongkok-Kanada.

- Revolusi Kostum.

(sumber gbr: uselessdaily.com)

Selain inovasi dari segi efek visual dan penokohan, kostum para ranger mengalami revolusi. Mereka nggak lagi tampil dengan baju ketat berbahan spandeks warna-warni. Sebab, kostum para rangers didesain ala armor costume yang kuat dan gagah. Bahkan, saat pertama poster film itu diluncurkan, sempat terjadi pro-kontra mengenai kostum Red Ranger yang disebut menyerupai Iron Man.



DATA FILM:

Sutradara: Dean Israelite.
Penulis skenario: Matt Sazama, Burk Sharpless, Michele Mulroney, Kieran Mulroney.
Screenplay: John Gatins.
Produser: Marty Bowen, Brian Casentini, Wyck Godfrey, Haim Saban.
Musik: Bryan Tyler.
Sinematografer: Matthew J. Lloyd.
Adaptasi dari: Power Rangers karya Haim Saban & Shuki Levy.
Pemain: Dacre Montgomery, Naomi Scott, RJ Cyler, Ludi Lin, Becky G., Elizabeth Banks, Bryan Cranston, Bill Hader.
Rilis: 24 Maret 2017 (Indonesia & AS), 23 Maret 2017 (Britania Raya & Australia).
Bujet: USD 105 juta.
Durasi: 124 menit.
Produksi: Lionsgate, Saban Brands, Saban Entertainment, Temple Hill Entertainment, Walt Disney Studios Motion Pictures.
Distributor: PT. Prima Cinema Multimedia (Indonesia), Lionsgate (Britania Raya & AS).



Sumber: Jawa Pos, 17 Maret 2017(dengan beberapa pemotongan artikel); IMDb.com