Sabtu, 30 April 2016

CINEMOVIES: Sadako vs Kayako; Kalau yang Ini, Pilih Tim yang Mana?

Industri film sedang diramaikan kisah pertarungan superhero. Mulai DC yang mengadu Batman dan Superman. Kemudian dilanjut Marvel yang membuat skuad Avengers terpecah. Tren itu berlaku juga untuk genre horor. Studio di Jepang bersiap merilis film yang mempertarungkan dua hantu dari dua film horor super terkenal. Inilah Sadako vs Kayako.
__________________________________________________________________________________________________

(sumber gbr: duniaku.net)

TRAILER-NYA:






Awalnya, pertemuan Sadako vs Kayako (SVK) hanya sebagai lelucon. Ada yang membuat gambar gabungan mereka sebagai joke dalam April Mop tahun lalu. Namun, reaksi fans begitu besar. Banyak yang berharap pertemuan itu benar-benar terjadi.
Melihat pasar yang tersedia, dua studio akhirnya bersatu. Kadokawa yang merilis The Rings dan Sadako 3D bekerja sama dengan NBC Universal Japan sebagai pembuat film The Grudge/Ju-On. Jadilah Sadako bertemu dengan Kayako yang merupakan memedi di The Grudge.

Pada 10 Desember lalu, film yang ditujukan untuk membuat bulu kuduk berdiri itu diumumkan rilis pada 18 Juni 2016. Hanya kurang satu setengah bulan lagi.
Baik Sadako maupun Kayako sudah menjadi trademark di setiap studio itu. Karakter Sadako yang keluar dari layar televisi memberikan ketegangan tersendiri. Ditambah karakter Kayako yang pendendam dan kerap ditemani hantu anak kecil putih. Yang penakut bisa dobel ngerinya. Bagi fans cerita horor, film itu bisa menjadi pemuas kesukaan. Dua tokoh tersebut memiliki kesamaan, selain (sekali lagi) sama-sama menyeramkan. Saking larisnya, film adaptasi keduanya versi western sudah dibuat.

Sejumlah fans lantas mengaitkan pertarungan Sadako dan Kayako dengan film sejenis produksi Hollywood, yakni Freddy vs Jason (2003). Di film itu, dua pembunuh berdarah dingin tersebut saling bertarung sambil menjatuhkan banyak korban. Di SVK, pertarungan dimulai dengan kutukan yang dibawa setiap hantu. Sudah pasti ada korban yang jatuh karena itu.

Diceritakan, baik Sadako dan Kayako "hidup" di dalam benda yang dikutuk. Sadako dari sebuah video tape berisi adegan Sadako di dekat sumur yang membuatnya bisa keluar dari layar televisi. Sementara itu, Kayako gentayangan di rumah tempat dirinya dan anaknya, Toshio, dibunuh sang suami. Keduanya akan membunuh siapa pun yang berkontak langsung dengan benda atau rumah yang mereka diami.
Bayangkan jika video Sadako ditonton di rumah Kayako. Itulah latar cerita penyebab bertarungnya kedua hantu tersebut. Diceritakan, seorang gadis remaja, Yuri Kurahashi (Mizuki Yamamoto), dan seorang temannya menonton video kutukan di rumah berhantu. Yuri dan temannya pun terjebak di tengah pertarungan kedua hantu itu.

Trailer sudah dirilis pada 22 April lalu. Selain menampilkan Yuri dan temannya yang ketakutan, kedua hantu itu muncul. Seperti biasa, Sadako merayap keluar dari televisi. Sementara itu, hantu Kayako merayap turun dari tangga dengan wajah seram. Hantu Toshio, anak Kayako, pun terlihat bertengger di leher seseorang.
Namun, yang paling menarik perhatian adalah bagian menjelang akhir trailer. Sadako akhirnya berhadapan langsung dengan Kayako.

Sebagai sutradara, Koji Shiraishi yang akan mengarahkan film itu. Pria 42 tahun tersebut memang sudah menunjukkan kemampuan directing di berbagai film horor Jepang. Nah, kalau yang bertarung dua dedemit super itu, penonton akan pilih berada di tim yang mana ya? Choose wisely.



KOLABORASIKAN EMOSI DAN NALAR.

Minim pengalaman: Akting Mizuki Yamamoto dalam salah satu adegan film Sadako vs Kayako.(sumber gbr: bloody-disgusting.com)

Koji Shiraishi dikenal sebagai salah seorang sutradara spesialis horor. Salah satu filmnya yang paling sukses adalah The Curse (2005). Film horor lansiran PMP Entertainment itu menjadi film horor pertama dengan konsep dokumenter. Shiraishi tidak segan menambahkan efek yang bikin merinding.
Film lainnya, Grotesque, semakin memperlihatkan bagaimana Shiraishi sanggup membuat horor yang sangat menyeramkan. Adegan penuh darah dan menegangkan manjadi andalannya untuk memengaruhi penonton. "Saya menekankan pada efek psikologis, di mana lebih banyak adegan yang menonjolkan sisi menyeramkan dari hantu atau kekerasan oleh manusia," ujarnya ketika diwawancarai 3:AM Magazine.

Untuk menambah referensi sebelum menggarap Sadako vs Kayako, Shiraishi menonton berbagai film horor yang dinilainya bisa memberikan ketakutan secara psikologis. "Contohnya Dawn of the Dead dan The Texas Chainsaw Massacre," ujarnya. Selain membuat rasa takut bertambah, Shiraishi mempu memasukkan unsur-unsur emosional sehingga nalar dan perasaan penonton campur aduk.

Sementara itu, aktris pemeran Yuri Kurahashi, Mizuki Yamamoto, bisa dibilang minim pengalaman dalam film horor. Perempuan 24 tahun tersebut lebih sering bermain drama komedi atau romantis. Di trailer, Mizuki menampilkan adegan yang membutuhkan emosi, yakni rasa takut.


THE GHOST CHARACTERS:

KAYAKO SAEKI (Dari film The Grudge/Ju-On).

- Orang yang mendiami rumah tempatnya dibunuh akan mati.
- Merayap turun dari tangga tempat dia disiksa dan dibunuh suaminya, Takeo Saeki.
- Wajah penuh luka dan leher patah.
- Suara tercekik atau merintih.
- Ditemani hantu anaknya, Toshio Saeki, yang juga mati dibunuh Takeo.
- Membunuh korbannya dengan kekerasan seperti yang dialaminya sebelum meninggal.

FRANCHISE FILM

The Grudge/Ju-On (Jepang).

1. The Curse (2000).
2. The Curse 2 (2000).
3. The Grudge (2002).
4. The Grudge 2 (2003).
5. White Ghost (2009).
6. Black Ghost (2009).
7. The Beginning of the End (2014).
8. The Final Curse (2015).

The Grudge/Ju-On (AS).

The Grudge 1 (2004).
The Grudge 2 (2006).
The Grudge 3 (2009).
The Grudge Reboot (TBA).

________________________________________________________________________________________________

SADAKO YAMAMURA (Dari film The Ring).

- Orang yang menonton videonya akan mati setelah 7 hari.
- Merayap keluar dari sumur di dalam video, lalu keluar dari televisi.
- Wajah misterius ditutupi rambut panjang.
- Menyerang dengan rambut. Diam, tak bersuara.
- Menakuti korban sampai mati atau mengalami serangan jantung karena ketakutan.

FRANCHISE FILM

The Ring (Jepang).

1. Ring: Kanzenban (1995).
2. Ring (1998).
3. Rasen (1998).
4. Ring 2 (1999).
5. Ring 0: Birthday (2000).
6. Sadako 3D (2012).
7. Sadako 3D 2 (2013).

The Ring (AS).

1. The Ring (2002).
2. Rings (2005).
3. The Ring Two (2005).
4. Rings (2016).





SUMBER: Jawa Pos, 1 Mei 2016.

1 komentar: