Rabu, 19 Maret 2014

Knoll Bersaudara, 'Pengeram & Penelur' Adobe Photoshop (Okezone.com)


Knoll Bersaudara.  


Jika sebuah pertanyaan dilontarkan mengenai apa software dasar dari berbagai aplikasi instant foto editing yang sudah banyak bertebaran di perangkat mobile, jawabannya sudah pasti; Photoshop. Aplikasi edit foto paling mendasar dan terpopuler itu memang sangat banyak digunakan oleh para desainer atau fotografer, juga para pekerja yang berkaitan dengan desain grafis. Namun tahukah siapa dibalik kecanggihan aplikasi edit foto paling dasar tersebut?

Knoll Bersaudara, sepasang kakak-beradik bernama Thomas Knoll dan John Knoll adalah dua orang yang pertama kali memiliki ide dan menciptakan aplikasi edit foto bernama Photoshop. Ya, software editing paling mendasar yang dapat menciptakan berbagai manipulasi hingga animasi sebuah foto dan media lainnya. Namun program aplikasi yang terlahir pada 1990 di tangan Knoll Bersaudara ini memiliki ceritanya sendiri dalam mencapai proses kelahiran sempurna.

Tahun 1987, seorang kandidat doktor di Universitas Michigan, Amerika Serikat, Thomas Knoll, membeli komputer Apple Mac Plus ciptaan sang jenius Steve Jobs. Thomas membeli Mac Plus untuk membantunya mengerjakan tesis. Tapi Thomas merasakan ada yang kurang pada komputer Mac Plus yang dibeli. Yakni tampilan gambar grayscale berkualitas kurang sempurna pada monitor monokrom. Tak seperti seorang yang kecewa saat membeli barang yang tak sesuai dengan keinginan, bukannya mengejek dan menghina produk Apple, Thomas malah mengutak-atik komputer Mac Plus yang dibelinya agar memiliki kualitas sesuai yang di inginkan.

Ia mengalami kesulitan jika mengerjakan seorang diri, untuk itu dirinya meminta bantuan sang adik, John Knoll, untuk mengobrak-abrik program di Mac Plus demi mendapatkan kualitas gambar nan sempurna. John Knoll, seorang karyawan yang bekerja di perusahaan visual effect, Industrial Light & Magic (ILM), tak mengalami kesulitan dalam membantu sang kakak yang akhirnya berhasil mengubah tampilan Mac Plus milik Thomas Knoll. Kakak-beradik itu sekaligus menciptakan software image pertamanya yang bernama Display, piranti lunak yang dinilai sangat mirip dengan pabrikan ILM tempat John bekerja.

Seperti apa yang pernah dikatakan oleh sang jenius dari California, mendiang Steve Jobs; tetap bodoh dan tetap lapar. Agar seseorang terus mencari tahu hal baru dan terus kelaparan akan ilmu pengetahuan. Thomas mengambil cuti kuliah gelar doktornya selama satu semester untuk menggarap proyek software imaging bersama sang adik, John. Sebagaimana kisah seorang penemu yang sukses besar kemudian, Knoll Bersaudara juga mengalami berbagai ejekan dan kejatuhan. Ada yang menyakiti hati mereka, yang mengatakan karya mereka tak memiliki nilai jual.

Namun kedua penemu itu mementahkan anggapan buruk orang lain dan terus melakukan. Hingga akhirnya lahirlah software baru yang dinamakan ImagePro. Tetapi sayang, nama ImagePro sudah lebih dulu digunakan orang lain. Akhirnya nama Photoshop menetas setelah software besutan Knoll Bersaudara dibeli perusahaan scanner, BarneyScan. Namun produksi piranti lunak yang hanya 200 kopi tak membuat Photoshop menjadi terkenal di bawah BarneyScan. Selepas kontrak dengan perusahaan tersebut, Knoll Bersaudara membawa karya mereka menjajal peruntungan di kawasan industri Silicon Valley.

Knoll Bersaudara berhasil mempresentasikan program buatannya kepada dua perusahaan besar, yakni Apple Computer Inc dan Adobe. Namun yang lebih dulu membeli Photoshop adalah perusahaan Adobe, hingga akhirnya lahirlah nama Adobe Photoshop. Aplikasi edit foto yang banyak digunakan di seluruh dunia. Namun Photoshop pada masa 1990 masih eksklusif hadir untuk komputer berbasis Macintosh dari Apple. Adobe Photoshop 1.0 dan 2.0 hanya tersedia untuk komputer Mac. Hingga pada 1992 komputer berbasis Windows mulai membanjiri pasar, Photoshop turut hadir di kalangan sistem operasi Microsoft. Adobe Photoshop 2.5 adalah Photoshop pertama dengan sistem operasi Windows.

Adobe Photoshop terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Setelah versi 2.5, Adobe Photoshop 3.0 hadir pada 1994, 4.0 pada 1996, versi 4.0.1 pada 1997, 5.0 di 1998, 5.0.1 di 1999, 5.5 di 1999, 6.0 di 2000, 6.0.1 di 2001, dan versi 7 pada 2002. Sedangkan nama Adobe Photoshop berubah jadi Adobe Photoshop CS pada 2008, kemudian dilanjutkan Photoshop CS 2 pada 2005, CS 3 pada 2007, CS 4 pada 2008, dan terakhir CS 5 pada 2010.

Hingga saat ini, Knoll Bersaudara masih bekerja di perusahaan Adobe. Dengan sesekali terlibat dalam proses produksi film dengan visual effect seperti Avatar, Harry Potter, Pirates of the Caribbean, Star Wars, dan banyak lagi. Ya, seperti apa yang pernah dikatakan oleh Steve Jobs; "Stay fool and stay hungry." Di dunia ilmu pengetahuan, jangan pernah puas dan menjadi sok pintar! (amr)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar