Senin, 02 Maret 2015

Teropong IPTEK : 8 Hewan dan Makhluk Mitos yang Melegenda





Di alam semesta ini, selain menyajikan hal yang nyata, mitos yang melegenda juga menjadi bagian dari keberadaan hal yang nyata itu. Diyakini, legenda dulunya pernah ada, namun sekarang menghilang entah kemana. Maka hal tersebut menjadi mitos.

Begitu juga dengan berbagai jenis makhluk legenda yang masih menjadi cerita misteri dan bagian dari dunia modern ini. Bahkan, legenda makhluk di sebagian negara menjadi bagian yang tak terpisahkan. Jika menyebut nama makhluk legenda tersebut, maka langsung tertuju pada identitas negara tersebut. Berikut beberapa diantaranya :

1. Garuda - India.



Garuda menjadi simbol yang tak terpisahkan dari negara Indonesia. Karena burung Garuda menjadi lambang negara Indonesia. Padahal mitologi Garuda berawal dari kebudayaan orang Hindu zaman dahulu.

Garuda digambarkan sebagai manusia burung dengan bulu keemasan, dan memiliki mahkota di kepalanya. Konon ukuran tubuh Garuda sangatlah besar sehingga mampu menutupi matahari. Garuda juga sering digambarkan sebagai kendaraan dewa Wisnu, salah satu dewa dalam agama Hindu.

Dalam versi Mahabharata, konon saat Garuda lahir dari telurnya, bumi gonjang-ganjing. Garuda adalah anak dari pasangan Kasyapa dan Winata. Winata memiliki utang terhadap Kadru, ibu para ular karena suatu pertaruhan. Untuk menghapus utang tersebut, Garuda diminta Kadru untuk memberikan obat keabadian yang disebut Amrita kepadanya.
Kemudian Garuda bertemu dengan dewa Indra dan sekali lagi dia mendapat penawaran. Garuda berjanji akan memberikan Amrita pada dewa Indra, dan dewa Indra akan memberikan para ular sebagai makanan Garuda.

Akhirnya Garuda memberikan Amrita pada para ular untuk menghapus utang ibunya. Setelah Amrita diberikan, dewa Indra turun dari langit, merebut Amrita dan menghabisi para ular. Sejak saat itu, Garuda menjadi rekan para dewa, tunggangan kebanggaan dewa Wisnu, sekaligus menjadi musuh utama para ular.


2. Pegasus - Yunani.




Pegasus adalah kuda yang memiliki 2 buah sayap, juga memiliki kemampuan terbang yang unggul. Pegasus adalah hasil dari hubungan Medusa dan dewa Poseidon yang menyakitkan. Lahir dari Medusa ketika kepalanya di potong oleh Perseus. Dijinakkan oleh Bellerophon dan melayaninya digunungnya selama petualangannya termasuk ketika Bellerophon membunuh Chimera.

Ketika Bellerophon ingin menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, dia dihempaskan oleh dewa Zeus. Tetapi Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di gunung Olympus. Disinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan menjadi pembawa petir dewa Zeus.


3. Naga - Tiongkok.


Legenda Dragon atau Naga adalah hewan mitos dengan ukuran yang sangat menakjubkan. Mereka berbentuk seperti reptil dan terkadang memiliki beberapa kepala dan dapat mengembuskan nafas api. Naga dipercaya dapat ditaklukkan lewat musik. Naga juga disebut sebagai dewa oleh beberapa suku. Naga menjadi salah satu legenda di kebudayaan Tiongkok.


4. Bigfoot - Amerika, Tibet, Tiongkok, dan Australia.


Bigfoot dilaporkan telah ditemukan di daerah Kanada dan Amerika Utara sejak abad 19. Dari jejak kakinya diperkirakan Bigfoot beratnya mencapai 400 kg. Bigfoot dikenal juga dengan nama Sasquatch, itu adalah nama makhluk legenda yang beredar di Amerika Utara.
Bigfoot kadang dicirikan memiliki badan yang sangat besar, dengan bulu yang menutupi sekujur tubuh, dan orang percaya makhluk ini dapat ditemukan di seluruh dunia, dengan nama-nama yang berbeda-beda. Seperti Yeti di Tibet dan Nepal, Yeren di Tiongkok dan Yowie di Australia.


5. Werewolves - Amerika dan Eropa.


Werewolves pada dasarnya adalah seorang manusia yang memiliki kemampuan untuk mengubah diri ke bentuk hewan serigala. Werewolves bisa berubah berdasarkan keinginan sendiri atau dorongan dari eksternal seperti halnya bulan purnama. Orang dapat menjadi Werewolves akibat dari gigitan Werewolves lain atau akibat turunan dari lahir (anak dari Werewolves). Werewolves memiliki regenerasi yang sangat hebat, sehingga mereka tidak bisa menjadi tua, tapi ini tidak membuat mereka menjadi abadi. Menusuk jantung atau otaknya dapat membunuh mereka.


6. Ghoul - Jazirah Arab.


Ghoul adalah monster dari Arab kuno. Konon monster ini juga tertulis di dalam Quran. Pada awalnya Ghoul dianggap sebagai jin, namun seiring dengan berjalannya waktu, Ghoul lebih sering digambarkan sebagai sejenis zombi atau vampir. Ghoul adalah makhluk yang tinggal di padang gurun dan memangsa para pengelana. Selain itu, Ghoul juga sering merusak makam dan memakan mayat.


7. Tengu - Jepang.


Tengu adalah makhluk dalam legenda Jepang. Salah satu Kami (dewa/Tuhan) penunggu gunung, atau Yokai yang erat hubungannya dengan burung elang atau gagak. Pakaiannya mirip dengan pakaian pendeta Yamabushi yang menempa diri di hutan dan gunung.

Tengu memiliki rupa hidung yang panjang, wajahnya merah, memiliki sepasang sayap hitam, serta kuku kaki dan tangan yang panjang.


8. Giant - Asia Barat.





Giant atau raksasa, digambarkan sebagai monster yang mempunyai kekuatan luar biasa dan ukuran badan yang lebih besar dari manusia. Giant pernah muncul di Alkitab, dalam cerita Raja Goliath dan David. Dalam mitologi, Giant seringkali digambarkan mempunyai konflik dengan dewa-dewa dan biasanya dihubung-hubungkan dengan kekacauan di alam.



Sumber : Koran Jawa Pos, edisi tanggal 1 Maret 2015.
Sumber gambar :  tsbazelli.com, pixgood.com, greatwallvacation.com, science.howstuffworks.com, ancientworlds.net, powerlisting.wikia.com, mythicalcreaturesguide.com, helloquizzy.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar