Sabtu, 27 Juni 2015

CINEMOVIES : Terminator Genisys, The Future is Not Set.

RATING : 8 (IMDB); 9 (Rotten Tomatoes)


(slashfilm.com)

"My mission is to protect Sarah Connor." Kalimat itu pasti tak asing lagi bagi pecinta film franchise Terminator. Film yang dirilis pada 1984 tersebut telah hadir kembali dengan bintang-bintang baru. Seperti Jai Courtney, Jason Clarke, dan Emilia Clarke. Namun, kehadiran Arnold Schwarzenegger pada film berjudul Terminator : Genisys itulah yang paling dinantikan setelah vakum 12 tahun.

Kyle Reese (Jai Courtney), kaki tangan John Connor (Jason Clarke), diceritakan dikirim dari tahun 2029 ke tahun 1984. Misinya adalah menyelamatkan ibu John, Sarah Connor (Emilia Clarke), dari serangan terminator. Namun, saat Kyle tiba di sana, Sarah sudah mengetahui kedatangannya.
Itulah yang membuat anggapan bahwa Terminator : Genisys merupakan reboot dari The Terminator (1984) meleset. Alan Taylor, sang sutradara, merasa, untuk bisa mengulang kesuksesan franchise Terminator, dirinya harus mnegubah sedikit alur cerita. Mirip seperti yang dilakukan Christopher Nolan pada Batman Begins (2005).

Karena itu, dalam Terminator : Genisys, Sarah dibuat telah mengetahui segalanya berkat sang pengasuh, T-800 (Arnold Schwarzenegger). T-800 dikirim saat Sarah masih berusia sembilan tahun untuk melindunginya. Pada The Terminator (1984), T-800 diprogram untuk membunuh sarah hingga John tak akan lahir ke dunia.

TERMINATOR BARU : Hadirnya T-3000 membuat perjuangan Sarah, Kyle, dan T-800 terhambat.(movieweb.com)

Setelah Kyle, Sarah, dan T-800 bertemu, misi baru pun muncul. Mereka harus menghentikan Genisys, sebutan lain dari Skynet, sebelum perang terjadi. Namun, di tengah perjalanan, mereka berhadapan dengan T-1000 yang terbuat dari logam cair dan T-3000 yang merupakan John Connor. Dengan musuh yang lebih sulit dikalahkan, berhasilkah mereka menghancurkan Genisys?

Keberadaan jenis terminator baru itu membuat Terminator : Genisys terasa lebih menegangkan. Apalgi, guyonan T-800 saat dirinya dianggap tua oleh Kyle memberikan kesan tersendiri. Ya, T-800 memang digambarkan mengalami penuaan karena dilapisi bagian manusia asli. "Mengubah apa yang sudah terancap di pikiran fans dengan perubahan alur cerita itu merupakan tantangan tersendiri," ujar Taylor dikutip dari Slashfilm.

Perbedaan-perbedaan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi sang mantan sutradara The Terminator (1984) dan Terminator 2: Judgment Day (1991), James Cameron. Cameron menyatakan bahwa perubahan karakter John Connor yang menjadi seorang antagonis sangat menarik. "Ide tentang membuat John menjadi bad guy itu sangat keren. Sebab, penonton akan merasa ekspektasi mereka pupus. Namun, semua itu demi twist yang menarik," papar dia dikutip dari Cinemablend.
Bukan hanya Taylor yang menghadapi berbagai tantangan, Schwarzenegger juga harus diet ketat agar beratnya menjadi 228 pounds (sekitar 100 kg), persis saat dia bermain dalam The Terminator dulu. Hal itu dilakukan agar kesan gagah terminator tak luntur.



DATA FILM :

Sutradara : Alan Taylor.
Produser : David Ellison dan Dana Goldberg.
Penulis cerita dan skenario : Laeta Kalogridis dan Patrick Lussier
Pemain : Arnold Schwarzenegger, Jason Clarke, Emilia Clarke, Jai Courtney, J.K Simmons.
Sinematografer : Kramer Morgenthau.
Editor : Roger Barton.
Pengarah musik : Lorne Balfe.
Desainer kostum : Susan Matheson.
Dekorator set : Jay Hart
Perusahaan produksi : Skydance Productions.
Distributor : Paramount Pictures.
Rilis : 1 Juli 2015 (USA).
Durasi : 125 menit.
Bujet : USD 170 juta.



SUMBER : Jawa Pos, 26 Juni 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar