Senin, 25 April 2016

CINEMOVIES: Neel Sethi, "Satu-satunya" Aktor The Jungle Book...

The Jungle Book melesatkan nama Neel Sethi, si bocah pemeran utama Mowgli. Padahal, saat casting dua tahun lalu, dia tidak pernah menonton versi kartun film rilisan Disney itu. Apalagi membaca novelnya yang dikarang Rudyard Kipling 112 tahun lalu. Bagaimana bisa ia memenangi peran itu?
________________________________________________________________________________________________________

(sumber gbr: celebfresh.co.uk)

Untuk kali kedua, The Jungle Book berada di puncak box office domestik pekan ini. Film itu menjadi prestasi besar untuk Sethi. Sebelum memerankan Mowgli, kehidupan aktor kelahiran New York, 22 Desember 2003 tersebut tak beda jauh dengan anak-anak lain. "Normal saja. Aku pergi ke sekolah dan main-main dengan teman-teman. Kadang-kadang ke tempat praktik dokter orang tuaku," ucap Sethi. Karena memiliki orang tua yang bekerja sebagai dokter gigi, cita-citanya pun tak berbeda jauh. Dia ingin menjadi dokter.

Bocah blasteran India-Amerika itu senang mencoba hal baru. Saat berusia empat tahun, dia berlatih tae kwon do. Film pertama dia perankan ketika berumur sepuluh tahun. Sethi bermain di sebuah film pendek Diwali. Walau perannya kecil, Sethi ketagihan. Jadilah dia mengikuti casting peran Mowgli. Ketika audisi, dia tidak diminta berakting bersama hewan seperti cerita yang diperankannya itu.
"Mereka hanya memintaku untuk membaca beberapa dialog dan pura-pura main tenis," ucapnya saat diwawancara untuk acara Good Morning America. Sethi lalu iseng menambahkan aksi lain. Yakni, tendangan tae kwon do. "Saat melakukan jurus itu, aku bilang 'Kalian nggak perlu stuntman, karena aku sudah pro!' Tim audisi langsung tertawa," lanjut dia.
Aksi yang meyakinkan dan improvisasi pamer jurus itu membuat tim produser memilih dia untuk memerankan tokoh Mowgli. Film The Jungle Book adalah film besar pertamanya. Di film itu, Sethi adalah pemeran utama dan satu-satunya aktor yang tampil asli. Semua lawan main Sethi ditampilkan secara animasi dalam bentuk hewan. Walau dia merupakan newcomer, lawan mainnya tak main-main. Sethi beradu akting dengan aktor dan aktris senior. Antara lain, Scarlett Johansson, Idris Elba, dan Lupita Nyong'o.

Sethi tak gentar sedikit pun. Apalagi, sutradara Jon Favreau sangat membantu dia. Favreau, yang juga menggarap Iron Man, sering mengajaknya berdiskusi.
"Aku bebas melakukan apa yang aku mau. Kalau bagus, dia bakal bilang oke. Kalau nggak, kami ngobrol enaknya gimana," ucap Sethi dikutip dari Independent.
Sethi menyatakan, Favreau mengarahkan film seperti bermain. Selama syuting, Sethi dekat dengan pemeran lain. Menurut Sethi, The Jungle Book adalah film yang bagus. Dia ingin memerankan Mowgli lagi untuk film The Jungle Book 2. "Aku ingin main Mowgli lagi. Tapi, pengin juga main di film superhero DC atau Marvel, terserah," ucapnya.

Keinginan tersebut tampaknya segera terwujud. Menurut The Hollywood Reporter, Disney sudah memulai pembicaraan dengan sutradara Jon Favreau dan penulis skenario Justin Marks untuk segera melanjutkan cerita Mowgli tersebut.
Setelah Sethi memerankan Mowgli, kini banyak yang berubah dalam hidupnya. Banyak orang yang mengenalnya. Waktunya juga tersita untuk kegiatan promosi The Jungle Book. Meski demikian, Sethi tidak merasa lelah atau bosan. "Seru sih karena pergi ke mana-mana. Jadi punya banyak teman," tegas Sethi.


TENTANG NEEL SETHI.

Nama panggilan: Neel.
TTL: New York, 22 Desember 2003.
Tinggi: 142 cm.
Berat badan: 35 kg.
Warna mata: Hitam.
Warna rambut: Hitam.
Kewarganegaraan: Amerika Serikat.
Hobi: Bermain sepak bola, basket, dan bisbol.
Aktor favorit: Chris Evans dan Matthew Perry.
Aktris favorit: Priyanka Chopra.
Musisi favorit: Ed Sheeran, Bruno Mars, dan One Direction.
Film favorit: Captain America.


TANYA JAWAB.

T: Bagaimana situasi saat syuting?
J: Ada boneka yang berukuran mirip aslinya di lokasi. Saat mereka sedih, kepalanya bakal menunduk. Saat gembira, mereka terlihat sangat gembira. Lengannya naik dan wajahnya seperti tertawa.

T: Susahkah syuting dengan teknologi CGI (computer graphic imagery)?
J: Kami syuting seperti biasa kok. Misalnya, tokoh Baloo. Di studio ada potongan gabus yang ditutup karpet, mirip sekali dengan beruang Baloo. Aku sering mengelusnya, bermain-main. Saat syuting, rasanya memang seperti ngobrol dengan boneka seharian.

T: Apakah syutingnya di hutan betulan?
J: Nggak kok. Syutingnya di Los Angeles. Jadi, aku sering pulang ke New York kalau jadwalnya tidak padat. Lokasi syutingnya berupa blue screen. Di sana juga ada debu, tanah, rumput, dan pohon untuk mempermudah aku berakting.

T: Apa adegan yang paling menyebalkan?
J: Adegan bertarung dengan banteng di lumpur. Soalnya, saat syuting, aku harus berlari-lari di lumpur. Setelah syuting, lumpurnya kering dan membersihkannya harus disemprot dengan air dingin. Rasanya, oh my god, oh my god.


TAHUKAH KAMU?

- Baru membaca buku The Jungle Book saat mulai audisi.
- Paling suka lagu Bare Necessities dan hafal liriknya dalam waktu sehari.
- Paling dekat dengan pengisi suara Baloo, Bill Murray. Mereka pernah nonton bareng pertandingan football dan melakukan pesta barbeque di rumah Murray.
- Karena aktor utamanya merupakan keturunan India dan mengangkat tema belantara di negeri tersebut, film itu menjadi karya Disney yang paling laris di India.
- Sethi beberapa kali pergi ke India untuk mengunjungi kakek dan neneknya.
- Untuk mendapatkan peran Mowgli, dia harus mengalahkan setidaknya 2.000 anak peserta audisi.



SUMBER: Jawa Pos, 26 April 2016.