Senin, 20 Juni 2016

ANIMASTER: Koutetsujou No Kabaneri; Benteng Berjalan Penopang Harapan...




(sumber gbr: animovies.org)


TRAILER-NYA:






Harapan manusia untuk hidup tenang dan damai terkoyak ketika kabane mulai muncul di dunia. Nggak satu pun negara yang selamat dari serbuan kabane, termasuk Hinomoto. Dicengkeram rasa takut, manusia mulai hidup berkoloni di benteng berpagar tinggi yang mereka sebut stasiun.
Sesuai dengan namanya, setiap stasiun dilengkapi dengan jalur kereta api yang siap membawa mereka kabur jika kabane sewaktu-waktu menyergap. Manusia menyiapkan "benteng" berjalan penopang harapan yang disebut hayajiro.
Stasiun Aragane tempat Ikoma bermukim sama-sama nggak aman dengan stasiun lain. Ancaman kabane bagaikan mencekik penduduknya perlahan-lahan.
Berbeda dengan orang lain yang hanya bisa ketakutan, Ikoma mendedikasikan hidupnya untuk mempelajari semua hal tentang kabane. Pada siang hari, dia bekerja sebagai mekanik bengkel. Saat ada waktu luang, Ikoma berkonsentrasi menciptakan senjata yang bisa melumpuhkan mayat hidup itu.
Kesempatan Ikoma untuk menguji keampuhan tsuranuki zutsu kreasinya tiba saat Aragane diserbu kabane. Percobaan sukses, tapi imbalannya sangat mahal. Ikoma digigit kabane. Virus pun mulai menggerogoti tubuh Ikoma. Tekad ogah mati buat Ikoma nekat. Dia berhasil menghentikan virus dan menjadi kabaneri. Kabane bukan, manusia juga bukan.
Meski dimusuhi karena status barunya sebagai kabaneri, Ikoma bersumpah akan melindungi umat manusia. Dengan menumpang hayajiro Koutetsujou (Iron Fortress) bersama survivor Aragane lain, Ikoma memulai perjalanan menuju tanah harapan, Kongoukaku, tempat shogun berada.

Menonton Koutetsujou no Kabaneri (Kabaneri of the Iron Fortress) rasanya seperti menunggu kepastian dari pacar: hubungan mau lanjut atau putus. Nggak keruan! Okouchi Ichiro menyusun skenario dengan rapi.
Unsur suspence, action, dan dramanya dilebur dengan proporsi yang pas. Pace cerita dijaga dengan ketat agar emosi penonton naik turun terus dan selalu ketagihan untuk menonton episode selanjutnya.

Meski inti cerita adalah perjuangan manusia bertahan hidup dari serangan kabane, Koutetsujou no Kabaneri nggak hanya berfokus pad adegan laga. Penonton juga digiring untuk mengintip sisi psikologisnya. Situasi yang nggak menentu karena kabane bisa menyerang setiap saat memunculkan sifat asli manusia. Ada yang pasrah menunggu dijemput malaikat maut. Sebagian menggantungkan nasib kepada orang yang lebih kuat.
Nggak sedikit yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan untuk menangguk keuntungan pribadi. Namun, ada pula yang berani berjuang tanpa memikirkan keselamatan diri sendiri demi menyelamatkan hidup banyak orang.

Skenario yang apik dibantu animasi yang keren. Angle gambar yang diarahkan sutradara Araki Tetsuro begitu dinamis. Tim Wit Studio sekali lagi membuktikan kapasitasnya dalam menghasilkan animasi yang berkualitas. Atmosfer cerita pun semakin dramatis dengan musik latar gubahan Sawano Hiroyuki yang juga menangani Shingeki no Kyojin.
Karena dibidani tim yang sama dengan Shingeki no Kyojin (Attack on Titan), fans kerap membanding-bandingkan Koutetsujou no Kabaneri dengan serial yang diangkat dari manga karya Isayama Hajime tersebut. Apalagi, sejumlah elemen dalam Koutetsujou no Kabaneri mirip dengan yang ada dalam Shingeki no Kyojin (SnK).
Seting cerita senada meski beda era dan lokasi. Yaitu, manusia hidup terkungkung di balik dinding. Pembedanya adalah musuh yang dihadapi. Jika SnK menempatkan raksasa pemakan manusia sebagai musuh, lawan yang harus dikonfrontasi dalam Koutetsujou no Kabaneri adalah zombi.

Terlepas dari semua itu, Koutetsujou no Kabaneri adalah salah satu anime terbaik season ini. Pekan ini cerita mulai masuk fase kritis. Semoga saja tim produksi belum kehabisan "bahan bakar" sehingga kualitas tetap stabil hingga episode final.


MEET THE CHARA.

IKOMA. Seiyuu: Hatanaka Tasuku.


Mekanik muda yang pemberani dan penuh rasa ingin tahu. Rasa setia kawannya tinggi. Ikoma sangat membenci kabane yang sudah merenggut nyawa adiknya. Sejak kematian sang adik, Ikoma getol meneliti tentang kabane. Setelah menjadi kabaneri, Ikoma belajar bela diri dan bersumpah melindungi manusia dari serangan makhluk immortal tersebut.(*)
















MUMEI. Seiyuu: Senbongi Sayaka.


Cewek cantik yang sangat tangguh di medan pertempuran. Berbekal sepasang jouki juu, Mumei bisa memberantas ratusan  kabane dalam hitungan menit. Waktu masih kecil, dia ditolong Biba dari sergapan kabane. Mumei sangat loyal kepada cowok yang dianggap sebagai kakaknya tersebut. Bahkan, Mumei rela tubuhnya diubah Biba menjadi kabaneri.(*)
















YOMOGAWA AYAME. Seiyuu: Uchida Maaya.


Putri tertua keluarga Yomogawa yang menguasai Stasiun Aragane. Kini dialah yang memegang master key Koutetsujou. Ayame memiliki rasa keadilan dan tanggung jawab yang tinggi. Dia juga kerap terjun langsung ke medan perang sambil menghunus pedang atau panah. Demi melindungi penumpang Koutetsujou, Ayame berani mengambil risiko.(*)
















AMATORI BIBA. Seiyuu: Miyano Mamoru.

Pemimpin karikatashuu (hunters) yang karismatis dan dikenal masyarakat sebagai kaihousha (liberator). Identitas aslinya adalah putra shogun. Karena alasan yang belum diketahui, Biba diusir dari Kongoukaku. Cowok cerdas itu sangat manipulatif dan kejam. Biba nggak segan mengorbankan orang-orang di sekitarnya demi mencapai tujuannya.(*)

















 

DATA ANIME:

Tayang: Fuji TV, 7 April 2016.
Jumlah episode: 9 (ongoing).
Produksi: Wit Studio.
Sutradara: Araki Tetsuro.
Skenario: Okouchi Ichiro.
Desain karakter: Mikimoto Haruhiko.
Musik: Sawano Hiroyuki.



SUMBER: Jawa Pos, 15 Juni 2016, google.com. (note (*): sumber gbr: koutetsujou-no-kabaneri.wikia.com


Lihat dan unduh animenya DISINI, DISINI, atau DISINI. Atau silakan browsing sendiri via Google... ^_^