Jumat, 03 Juni 2016

CINEMOVIES: The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist; Bawa Kengerian Enfield...

RATING: 9,3 (IMDb); 7 (Rotten Tomatoes).

(sumber gbr: borobudurcinema.com)

TRAILER-NYA:



Setelah menjadikan The Conjuring (2013) sebagai salah satu film horor tersukses sepanjang masa, sutradara James Wan seolah belum puas. Sekuel kedua buah karya sutradara kelahiran Malaysia tersebut, The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist, siap tayang pada 10 Juni mendatang.

Sama dengan sekuel perdananya, The Conjuring 2 kembali mengangkat kisah nyata pasangan paranormal Ed dan Lorraine Warren. Pada 1977, Ed Warren (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) menangani sebuah kasus poltergeist yang dialami keluarga Peggy Hodgson (Frances O'Connor) di Enfield, London. Peggy, ibu empat anak, harus menerima kenyataan bahwa roh jahat mulai menghantui keluarganya.
Janet Hodgson (Madison Wolfe), anak perempuan Peggy, menjadi korban yang paling sering diganggu roh jahat yang mendiami rumah mereka. Tidak tanggung-tanggung, Janet mengalami berbagai kejadian yang sangat mengerikan. Dengan bantuan Ed dan Lorraine, mampukah Janet selamat dan keluarga Hodgson kembali hidup tenang?

Mengusung true story dalam bentuk sekuel ternyata bukan hal mudah bagi sang sutradara. Karena itu, nuansa kengerian saat peristiwa Enfield berusaha dibawa James kepada penonton. Dia pun berupaya menjaga orisinalitas kisah asli keluarga Hodgson tersebut. Mulai menghidupkan kembali dokumen asli peristiwa tersebut sampai menyisipkan rekaman audio asli berisi suara roh jahat yang merasuki tubuh Janet.
Bukan hanya itu, demi memperoleh suasana asli rumah keluarga Hodgson, Warner Bros. pun membangun set rumah tersebut. Setiap detail rumah asli juga menjadi pertimbangan dalam membuat tiruan bangunannya. Bahkan, warna tembok yang pucat, dekorasi pohon Natal di ruang tamu, hingga ayunan kecil di belakang rumah turut diadaptasi demi menjaga orisinalitas peristiwa tersebut.
"Seting ini akan membawa kita menuju dunia yang berbeda. London pada era 70-an serta kondisi rumah penduduk saat itu menjadi ide dalam menkonstruksi insiden tersebut," tutur produser Rob Cowan dikutip dari Screen Rant. Cowan dan timnya memastikan kondisi di luar rumah sama persis dengan kejadian aslinya. Mereka bahkan membangun rumah milik tetangga Hodgson lengkap dengan halaman depan dan belakangnya.
Untuk mendramatisasi suasana, tim produksi menyiapkan hujan buatan di dalam stage 4 Warner Bros. tersebut. Sebuah built-in rain system didirikan untuk menciptakan hujan yang tampak nyata. "Kami ingin memastikan bahwa film ini benar-benar menggambarkan apa yang mereka (keluarga Hodgson, Red) telah lalui saat itu," jelas Cowan lagi.

Sebelum menonton filmnya seminggu lagi, sebaiknya tonton salah satu trailer The Conjuring 2 yang disiapkan Warner Bros. Trailer berjudul Strange Happening in Enfield itu menampilkan cuplikan foto-foto asli kejadian di Enfield. Bahkan, rekaman suara roh jahat yang merasuki tubuh Janet pada 37 tahun silam ikut diperlihatkan. Siap-siap merinding!

VIDEO STRANGE HAPPENING IN ENFIELD:




DATA FILM:

Sutradara: James Wan.
Produser: Peter Safran, Rob Cowan.
Pemain: Vera Farmiga, Patrick Wilson, Frances O'Connor, Madison Wolfe, Simon McBurney, Franka Potente.
Penulis cerita: Chad Hayes, Carey Hayes, James Wan.
Musik: Joseph Bishara.
Editor: Kirk M. Morri.
Sinematografer: Don Burgess.
Produksi: New Line Cinema, The Safran Company, Atomic Monster, RatPac-Dune Entertainment.
Distributor: Warner Bros. Pictures.
Rilis: 10 Juni 2016 (AS).
Durasi: 133 menit.


TAHUKAH KAMU?

- Kengerian rumah keluarga Hodgson bisa dirasakan secara nyata lewat video 360 yang telah dirilis Warner Bros. dalam kanal Youtube-nya. Penonton bisa mengeksplorasi tiap ruangan dan koridor kediaman Hodgson dengan menggerakkan dan mengeklik tetikus. Sensasi menegangkan makin terasa jika menikmati video tersebut dengan virtual reality (VR) headset. Enjoy the surprise!
Video VR-nya:


- Dalam trailer, terdapat scene di mana Janet terjebak dalam sebuah ruangan penuh salib. Salib-salib tersebut perlahan memutar terbalik satu per satu. Untuk membuat adegan tersebut, James Wan memasang rangkaian mechanical rigs untuk menggerakkan salib tersebut.

- Meski terlihat natural dalam The Conjuring 2, faktanya, Madison Wolfe (pemeran Janet) banyak mengubah tampilan aslinya demi film tersebut. "Beberapa bulan lalu, aku berambut blonde panjang. Sekarang aku memakai lensa kontak berwarna. Dalam film ini, aku memakai gigi palsu dan berbicara dengan aksen Inggris. Aku benar-benar kebalikanku," jelas Wolfe seperti dilansir dari Collider.




SUMBER: Jawa Pos, 3 Juni 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar