Sabtu, 23 Juli 2016

CINEMOVIES: Totalitas Jared Leto di Suicide Squad...

Di luar harapan, Batman v Superman: Dawn of Justice mendapat respon kurang bagus dari penonton maupun kritikus. Namun, life must go on. Warner Bros. dan DC siap menebus kegagalan dengan Suicide Squad. Film yang rilis pada 5 Agustus mendatang itu mengumpulkan para penjahat besar, termasuk Joker.

____________________________________________________________________________________________________________

(sumber gbr: comicbook.com)

Sosok supervillain tersebut kali pertama dikenalkan pada 1940 dalam komik Batman. Sejak kemunculannya, Joker sukses menjadi karakter favorit. Selain hadir dalam versi komik, tokoh yang digambarkan punya penampilan mirip badut itu muncul dalam serial kartun maupun film.
Di versi film terbarunya, Joker bakal diperankan Jared Leto. Sebelumnya, ada Cesar Romero (versi serial TV, 1966), Jack Nicholson (Batman, 1989), dan Heath Ledger (The Dark Knight, 2008) yang memainkan karakter tersebut. akting ketiganya dinilai para fans mampu mewakili Joker yang dikenal sebagai sosiopat (perilaku antisosial yang ditandai dengan defisit emosi sosial). Jelas, Leto punya PR yang cukup besar untuk menyaingi para seniornya.

Sutradara Suicide Squad David Ayer menjelaskan, keputusannya memilih Leto adalah keputusan yang benar. "Sebagai aktor, dia terjun total dalam perannya itu," paparnya seperti dikutip Entertainment Weekly. Menurut Ayer, Leto punya metode tidak biasa dalam mendalami karakter Joker. Dia mengungkapkan, saat syuting, aktor dan musisi berusia 44 tahun tersebut berubah drastis.
"Di set, dia sangat mengerikan dan mengintimidasi. Saat dia muncul, rasanya hampir seluruh tim setuju bahwa dia betul-betul menakutkan," imbuh sutradara sekaligus penulis naskah film Fury itu.
Hal serupa diungkapkan Viola Davis, pemeran Amanda Waller. Davis menjelaskan, Leto hanya bersedia ngobrol di luar lokasi syuting. "Di set, sia selalu menjadi Joker," cerita Davis mengenai frontman grup 30 Second to Mars itu.
Kengerian Joker menghantui para cast dan kru. Leto sempat beberapa kali mengirim kado buat tim Suicide Squad. Isinya lumayan mencengangkan. Mulai babi, bangkai tikus, peluru, hingga karet pengaman bekas pakai. Meski demikian, pemeran Katana, Karen Fukuhara, menjelaskan, kado tersebut justru berkesan buatnya. "Kado itu seakan jadi pengingat setelah syuting. Saya akan menyimpannya," tutur Fukuhara.

Aktor Pendukung Terbaik di Academy Awards, Golden Globes, dan Screen Actors Guild Awards pada 2014 lewat peran luar biasanya sebagai transgender dalam Dallas Buyers Club itu menyatakan, Joker bukanlah peran yang gampang. Setelah meneken kontrak dengan Warner Bros., dia segera melakukan persiapan. Di antaranya, mengunjungi psikiater dan pasien yang didiagnosis sosiopat kelas berat. Tujuannya, memahami pola pikir dan kebiasaan mereka.
Meski demikian, pemilik nama lengkap Jared Joseph Leto itu menyatakan lebih banyak mengandalkan insting selama berakting. Persisi dengan Joker yang digambarkan sangat tidak mudah ditebak. "Tidak ada yang tahu apa yang bakal dilakukan Joker. Berakting tanpa aturan sangat membuat ketagihan," tutur pria yang pernah mendapat predikat Sexiest Vegetarians pada 2014 oleh organisasi hak binatang AS, PETA itu.

Leto menegaskan, dibanding peran-peran yang pernah diambilanya, Joker adalah yang paling menuntut. Apalagi dalam unggahan Instagram-nya pada November 2015, dia sudah berjanji tidak akan mengecewakan Nicholson dan Ledger.
"Rasanya seperti berjalan di tanah suci, kamu harus melakukan yang terbaik. Hidupmu seakan dikuasai karakter itu," jelas Leto. So, sudah siap dengan Joker baru ini?


TAMPILAN JOKER BARU.

(sumber gbr: screenrant.com)

- Rambut hijau terang, mirip versi awal di komik. Dibanding versi Jack Nicholson dan Heath Ledger, rambut Leto lebih klimis.

- Wajah dan badan penuh tato. Di bagian dahi atas, ada tato bertuliskan Damaged atau rusak. Di dada kanan, ada gambar tengkorak dengan topi jester yang mirip kostum Harley Quinn dalam komik. Sementara itu, di dada dan tangan kiri, ada tulisan Ha Ha. Tulisan tersebut sama dengan grafiti di kostum Robin di Batcave dalam film Batman v Superman: Dawn of Justice.

- Detail di bagian bibir. Di dua versi sebelumnya, Joker digambarkan mengenakan lipstik merah yang cukup lebar dan membentuk seringai lebar. Bahkan, Joker versi Ledger memiliki make-up mirip bekas luka memanjang di tepi bibir.

- Kali ini, detail di bagian bibir hanya berupa lipstik merah terang. Fokusnya ada di bagian gigi berkilau berlapis logam.


JOKER SEBELUM LETO.

1. JACK NICHOSON. Film: BATMAN (1989).

(sumber gbr: batman.wikia.com)

Joker versinya merupakan maniak yang jarang bicara, namun sadis. Dia membunuh musuh dengan menenggelamkan mereka di cairan asam serta menjabat tangan musuh dengan buzzers berkekuatan listrik dan beracun dosis tinggi. "Joker adalah tokoh yang harus saya mainkan. Dia muncul saat saya masih anak-anak. Peran itu menarik, berbahaya, sekaligus menuntut totalitas. Mendalami karakternya sangat menyiksa," cerita Nicholson.

2. HEATH LEDGER. Film: THE DARK KNIGHT (2008).

(sumber gbr: moviepilot.com)

Hingga kini, Ledger dinilai sebagai standar Joker. Dia mampu menampilkan sosok sadis tanpa harus melakukan pembunuhan ekstrem. Sayang, enam bulan sebelum filmnya tayang, Ledger meninggal karena overdosis obat tidur. Dia mengalami insomnia berat setelah memerankan Joker. Menjiwai karakter itu, dia mengunci diri di kamar selama sebulan.


MUSUH TERBESAR BATMAN.

Selain kumpulan villain, ada Batman dalam teaser Suicide Squad. Dalam versi komik, Joker memang merupakan musuh vigilante asal Gotham City itu. Mengapa?

- Mengakibatkan kelumpuhan Barbara Gordon (alter ego Batgirl).
- Membunuh Jason Todd atau Robin kedua.
- Membunuh Sarah Essen, istri kedua Komisioner Polisi James W. Gordon. James Gordon adalah petugas kepolisian Kota Gotham, sahabat Bruce Wayne (alter ego Batman) serta ayah Batgirl.




SUMBER: Jawa Pos, 12 Juli 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar