Selasa, 16 Agustus 2016

CINEMOVIES: Profil Joel Kinnaman; Pemeran Kolonel Rick Flagg dalam Suicide Squad...

Di antara cast Suicide Squad yang bertabur bintang, ada Joel Kinnaman. Pemeran Kolonel Rick Flagg itu menjadi idola baru lantaran karismanya sebagai pemimpin skuad. Plus kisah cintanya dengan June Moore atau Enchantress.
____________________________________________________________________________________________________________

(sumber gbr: alchetron.com)

Buat Kinnaman, 36, Suicide Squad bukan sekadar berakting di depan kamera. Penuh perjuangan berat untuk menghidupkan peran Flagg. Selama delapan bulan aktor kelahiran Stockholm, Swedia, itu menjalani persiapan yang menerornya secara fisik maupun mental.
"Sutradara David Ayer mengadakan diskusi pengembangan karakter, semeja bersama temannya yang seorang veteran Divisi Rampart Kepolisian Los Angeles. Kami sharing tentang ketakutan terbesar kami," ucapnya seperti dikutip dari Independent.
Kinnaman menjelaskan, metode unik itu membuatnya tak hanya merasa diteror, tapi juga dikhianati. Pengakuan-pengakuan soal kelemahannya itu ternyata dimunculkan tiba-tiba di lokasi syuting.
Khusus peran Rick Flagg Jr, dia juga diwajibkan berlatih bersama tiga mantan anggota militer. Latihan intens tersebut tidak hanya membentuk fisiknya. "Mereka mengajarkan pentingnya berpikir jernih dan mengambil keputusan di tengah kondisi chaos. Salah mengambil keputusan, anggotamu mati," tegas Kinnaman.
Beban Kinnaman dalam memerankan Rick Flagg tidak ringan. Sebelumnya, sosok kepercayaan Amanda Waller (Viola Davis) tersebut diperankan oleh nomine Aktor Pendukung Terbaik The Oscars 2016 Tom Hardy (The Revenant). Namun, karena jadwal syuting Hardy yang padat, peran itu beralih kepada Kinnaman.
Sayang, dedikasi Kinnaman itu kurang sepadan dengan hasil yang didapat. Suicide Squad menuai rating dan kritik negatif. Sama dengan proyek film yang dia garap sebelumnya, remake RoboCop pada 2014. "Jelas kecewa saat dapat komentar seperti itu. Aktor mana pun jelas ingin film yang bisa dibanggakan," ucapnya.
Namun, Kinnaman tetap berterima kasih atas kritik buruk terhadap Suicide Squad. "Banyak fans yang sudah berpikir negatif sebelum nonton. Tapi, setelah menonton, mereka justru berpikiran, 'Filmnya ternyata tidak seburuk itu kok.' Hal itu cukup menyenangkan," ujarnya.

Karir Kinnaman di dunia akting masih terus berlanjut. Tahun ini saja dia aktif di dua proyek. Yakni, film thriller Edge of Winter dan salah satu serial laris di Amerika Serikat, House of Cards. Dia juga telah meneken kontrak untuk memerankan anggota geng berdarah Serbia-Jepang, Takeshi Kovacs, dalam serial TV Altered Carbon.
Di hampir semua perannya, karakter Kinnaman punya kesamaan. Yakni, memiliki masa lalu kompleks dan tidak sempurna. Mendalami peran semacam itu membuat Kinnaman belajar banyak hal. "Hal itu membuatmu lebih siap menghadapi apa pun dalam hidup," imbuhnya.


NYARIS JADI KELUARGA MARVEL.

Joel Kinnaman saat berakting sebagai Kolonel Rick Flagg di Suicide Squad.(sumber gbr: justjoelkinnaman.tumblr.com)

Charles Joel Nordstrom Kinnaman yang kemudian tenar sebagai Joel Kinnaman, memulai karir akting di negara kelahirannya, Swedia. Dia bermain serial TV Storstad. Namun, peran tersebut tidak masuk dalam portfolio. Sebab, dalam credits, dia menggunakan nama alias Felix Nodstrom. Peran resminya baru didapat pada 2002. Proyek film pertamanya adalah The Invisible (Den osynlige), film thriller lokal.
Keseriusan pria yang lahir pada 25 November 1979 itu dalam menekuni dunia akting dibuktikan dengan menempuh studi di Swedish Academic School of Drama pada 2002. Dia mengatakan cinta dunia seni peran walau sempat sangat grogi. "Saking nervous-nya, saya mual saat latihan untuk stage perdana," tutur Kinnaman.

Setelah lulus pada 2007, banyak tawaran yang masuk. Dia pernah mencatatkan rekor membintangi sembilan film Swedia sekaligus hanya dalam kurun waktu 14 bulan. Namun, namanya benar-benar mencuri perhatian dunia pada 2010. Berperan dalam Easy Money, banyak produser dan sutradara yang mengincar namanya. Memantapkan karir di Hollywood, Kinnaman bergabung dengan agensi artis di AS. Agen yang sama dengan aktor Johnny Depp. "Empat bulan saya tinggal di Los Angeles tidak mendapat panggilan casting," ucapnya.
Debutnya di film produksi non-Swedia berawal di film thriller The Darkest Hour. Dia juga membintangi serial AMC, The Killing selama 2011-2014. Perannya sebagai Stephen Holder membuat dia makin dikenal. Kinnaman bahkan pernah menjadi calon kuat pemeran utama Mad Max: Fury Road dan Thor yang merupakan adaptasi komik Marvel, saingan DC Comics (penerbit komik Suicidq Squad).
"Di Mad Max hanya tinggal saya dan dua calon lagi. Namun, yang akhirnya dapat Tom Hardy. Sutradara membutuhkan sosok yang lebih tua," ujarnya pada surat kabar Ostran. Sedangkan untuk Thor, lima kandidat yang tersisa, termasuk dirinya. "Tetapi, saya tidak bisa menjalani tes pengambilan gambar bermasa Natalie Portman karena syuting Easy Money," ujarnya.

Meski memiliki passion besar untuk dikenal di AS, dia tak ambisius. Dia tidak mau mengambil semua peran hanya karena peran itu dimainkan di Hollywood. "Saya mencari sesuatu yang menarik. Saya masih muda sebagai artis dan saya harus berani melakukan sesuatu meski ada risiko gagal," tuturnya.


TENTANG JOEL KINNAMAN.

- Lahir dan besar di Stockhom. Ibunya, Bitte, seorang terapis berkebangsaan Swedia dan ayahnya, Steve Kinnaman, adalah pria AS veteran perang Vietnam. Kinnaman memiliki dua kewarganegaraan dari orang tuanya.

Joel Kinnaman dan Cleo Wattenstrom.(sumber gbr: etonline.com)

- Menikah diam-diam dengan tatto artist sekaligus model asal Swedia, Cleo Wattenstrom. Keduanya berpacaran selama dua tahun. Kabar itu terkuak saat dia diwawancarai Aisha Tyler dalam The Talk pada April 2016. Saat itu, dia ditanya mengenai komentar Wattenstrom tentang perannya di Suicide Squad. "Istri, dia sudah istri," koreksi Kinnaman.

- Sempat mengalami bullying saat remaja dari teman sebayanya. "Saya sangat emosional dan insecure. Waktu remaja, saya sangat kurus dan sering di-bully. Sejak itu, saya juga mulai mem-bully orang. Sebab, itu membuat saya merasa lebih kuat," ujarnya.

- Dia mengalami kekerasan dari sang ayah semasa kecil. "Saya sering dipukuli. Namun, saat kecil, dia (ayah) juga mengalami hal yang sama. Kami sekarang baik-baik saja. Saya sudah memafkannya," ucapnya. Kini dia menggarap film tentang sang ayah bersama sutradara berkebangsaan Swedia.

- Ingin menjadi warga negara Kanada. "Saya lebih sering di sana ketimbang di AS," tutur aktor pemilik tinggi badan 189 cm itu.



SUMBER: Jawa Pos, 14 Agustus 2016.