Senin, 15 Agustus 2016

CINEMOVIES: Pete's Dragon; Siap Bawa Imajinasi Terbang Tinggi...

RATING: 7,5 (IMDb); 7,2 (Rotten Tomatoes).

(sumber gbr: thedisneyblog.com)

TRAILER-NYA:




Tahun ini Disney kembali memproduksi film remake terbaiknya setelah kesuksesan film sebelumnya seperti Cinderella, Beauty and the Beast, hingga The Jungle Book. Ya, kali ini giliran film musikal Pete's Dragon yang berkesempatan di-remake. Tidak hanya menjanjikan cerita yang berbeda. David Lowery, sang sutradara, juga menyuguhkan live-action yang lebih seru dipadukan sengan CGI yang canggih.

Film ini berkisah tentang kehidupan seorang anak yatim piatu bernama Pete (Oakes Fegley). Dia tinggal di hutan setelah orang tuanya meninggal. Selama enam tahun, Pete ditemani seekor naga bernama Elliot (disuarakan John Kassir). Namun, suatu saat Grace (Bryce Dallas Howard) menemukan Pete. Sejak saat itu, Pete banyak bercerita tentang Elliot sehingga Grace memanggil ayahnya, Meacham (Robert Redford), untuk mencari tahu kebenarannya.

Pete's Dragon merupakan cerita Disney yang hit pada tahun 1977. Tetapi, cerita yang dibuat tidak lantas sangat mirip. "Karakter utamanya jelas sama, yaitu Pete dan Elliot. Namun, cerita tentang kekerasan terhadap anak seperti yang dilakukan Gogan, penjahat utamanya dulu, sama sekali dihilangkan," jelas Bryce Dallas Howard pada LA Times.
David Lowery tentu ingin menampilkan sebuah film yang lebih menyenangkan dan bisa dinikmati seluruh keluarga. Selain itu, dengan bantuan CGI, sosok Elliot dibuat lebih nyata. Berbeda dengan sosok Elliot pada 1977 yang masih beranimasi 2D. Elliot lama memiliki perut buncit, berambut merah muda, dan gigi yang tonggos. Meski digambarkan sebagai seekor naga yang ganas, perawakan Elliot dibuat berbulu seperti anjing. "Saat berada dalam set, aku tidak melihat Elliot, tapi membayangkannya sangat lucu. Di satu sisi, dia juga menakutkan," ujar Oakes Fegley pada Geeks of Doom.

Penampilan Elliot pada film tahun 1977, sangat berbeda bila dibandingkan dengan penampilannya di film remake Pete's Dragon yang terbaru.(sumber gbr: auction.howardlowery.com)

Keputusan membuat Elliot berbulu, menurut Lowery, justru memudahkan penonton melihat karakter Elliot sebagai anak anjing dalam buku anak-anak. Namun, Lowery juga tetap menunjukkan sisi menakutkan Elliot sebagai naga. "Sangat penting menekankan Elliot sebagai naga. Tidak hanya memperkuat karakter nyatanya, tapi karakter ini juga akan memberikan kesempatan untuk membuka dialog antara orang tua dan anak-anak tentang hal-hal unfamiliar dan tidak diketahui anak-anak," kata reviewer Terri Schwartz dalam situs IGN.
Kritikus film senior dari Variety, Peter Dubruge, memuji semagat Lowery dalam menggarap remake tersebut. "Film ini merupakan salah satu film keluarga yang menyenangkan dan berkualitas. Kehadiran film ini juga dapat mengingatkan kita arti film Disney yang selalu menghibur dan menginspirasi imajinasi anak-anak," tutur Debruge dalam situs IndieWire.
Film itu digadang-gadang menjadi film remake Disney paling sukses. Sebab, Pete' Dragon mampu membawa konsep cerita baru dengan inti cerita yang sama sehingga mampu dinikmati penonton baru dan penonton pada film pertamanya dahulu.

Dapat bermain bersama aktor dan aktris senior dimanfaatkan dengan baik oleh Fegley dan Oona Laurence, pemeran Natalie, untuk belajar menghayati perannya lebih dalam. Di situs Geeks of Doom, Fegley menyatakan bahwa mengenal mereka sangatlah keren. "Mereka semua benar-benar baik dan mengajariku untuk terus tenang dan tidak stres. Mereka mempunyai cara yang berbeda dalam melakukan perannya. Aku tidak masalah dengan perbedaan," ucap Fegley.


LOYALITAS KUNCI SUKSES DAVID LOWERY.

David Lowery dalam acara premiere film terbarunya, Pete's Dragon, di Los Angeles, AS.(sumber gbr: indiewire.com)

Setelah membuktikan kemampuannya melalui keberhasilan filmnya di Sundance Film Festival, David Lowery kembali menunjukkan bakatnya dalam Pete's Dragon. Dia membawakan versi visual yang lebih modern dan cerita yang berbeda. Tak heran jika Robert Redford yang juga menjadi salah seorang pemain dalam Pete's Dragon mengagumi kinerja David. Karena itu, dia tertarik untuk kembali bekerja sama dengan David.
Robert sangat suka bermain dalam film animasi anak-anak. Sebab, sejak kecil dia sangat akrab dengan dongeng dan cerita anak. "Mendongeng adalah cara untuk melihat dunia yang lebih besar daripada yang sedang dilihat," jelas Robert dalam Collider. Aktor yang juga pernah bekerja sama dengan David di film The Old Man dan The Gun itu ingin kembali berperan dalam cerita dongeng yang nanti menjadi warisan karir untuk anak-anak dan cucu-cucunya.
Selain Robert, Karl Urban menceritakn ketertarikannya sebagai karakter villain dalam Pete's Dragon. "Saya suka bermain sebagai karakter jahat yang tidak sempurna dan membuat keputusan yang buruk, lalu berusaha memperbaikinya. Karakter ini sangat berbeda dengan peran yang biasa saya mainkan," beber Karl. Namun, itulah salah satu alasannya menandatangani kontrak memerankan karakter Gavin.

Di sisi lain, bagi David, dapat bekerja sama dengan para pemain yang telah dirinya kenal dan cintai akan memudahkan semua pekerjaannya. "Ketika menemukan seseorang yang saya suka saat bekerja, saya tidak ingin berhenti bekerja dengannya. Saya akan pegang erat-erat dan mudah-mudahan mereka tidak bosan dengan saya," ujar David dalam Collider. Baginya, dapat terus bekerja sama dengan mereka yang dicintai akan membuat suasana yang dihabiskan di tempat kerja menjadi worth it.
Dalam wawancara lain dengan Collider, David sangat loyal dengan orang-orang yang bekerja sama dengannya. Komposer yang sama, Daniel Hart, mengerjakan semua film David. Jade Healy, desainer produksi yang sama, bekerja sama dengannya. "Mereka adalah orang-orang yang akan saya bela untuk menunda produksi demi memastikan mereka ikut serta. Saya tidak bisa membayangkan melakukannya tanpa mereka," tutup David.


DATA FILM:

Sutradara: David Lowery.
Produser: James Whitaker.
Penulis: David Lowery, Toby Halbrooks.
Pemain: Robert Redford, Bryce Dallas Howard, Oakes Fegley, Oona Laurence, Karl Urban, John Kassir, Wes Bentley.
Sinematografi: Bojan Bazelli.
Musik: Daniel Hart.
Editor: Lisa Zeno.
Produksi: Walt Disney Pictures.
Distributor: Walt Disney Studios.
Bujet: USD 65 juta.
Durasi: 103 menit.
Rilis: 12 Agustus 2016 (AS dan Britania Raya); 25 Agustus 2016 (Thailand).


TAHUKAH KAMU?

- Set hutan dalam film Pete's Dragon hampir semuanya dibuat dari busa dan strerofoam. Hal ini dilakukan David untuk menjaga keamanan para pemainnya. Bahkan, Oakes Fegley pemeran Pete, mengatakan dirinya sama sekali nggak kesakitan saat harus memanjat pohon. "Sangat lembut. Aku juga nggak kesakitan saat jatuh atau tertimpa ranting-rantingnya," ujar Oakes pada Geeks of Doom.

- Sebagai kenang-kenangan, Oona Laurence membawa potongan pohon dari set untuk dibawa pulang. "Untung saja itu cuma busa, jadi aku nggak berat membawanya pulang," ujar Oona pada Geeks of Doom. Teman-teman Oona sampai heran mengapa didalam rumah Oona ada batang pohon besar. Mereka bilang Oona sangat aneh sampai akhirnya Oona menjelaskan batang itu adalah properti set.

- Bagi Oona dan Oakes, memainkan imajinasi adalah hal terberat saat syuting. Mereka harus bisa membayangkan sosok Elliot meski hanya dari bola tenis hijau saat dalam set. "Aku cuma mengelus udara dan menangisi bola tenis, haha. Lucu tapi seru," papar Oakes pada Geeks of Doom. Oona menambahkan, karena imajinasi yang tinggi itu, dirinya bisa mendalami karakter hingga perannya lebih totalitas.


SUMBER: Jawa Pos, 12 Agustus 2016; IMDb.com; rottentomatoes.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar