Jumat, 24 April 2015

CINEMOVIES : Dennis McCarthy, Car Builder di Balik Film Franchise 'The Fast and the Furious'


Dennis McCarthy bersama dengan flip car karyanya.(topgear.com)

Adegan balapan, tabrakan, dan scene ekstrem mobil-mobil balap tak asing lagi di setiap franchise The Fast and the Furious. Ada nama Dennis McCarthy dibalik mobil-mobil mentereng itu. Dia adalah car builder sekaligus car coordinator.
_______________________________________________________________________________________


Dennis McCarthy (duduk, jaket hitam) di lokasi syuting Fast 6.(fastfurious.wikia.com)

Namanya mungkin tak sering terdengar di dunia perfilman. Namun, jasanya tak bisa diremehkan dalam film-film balapan mobil. McCarthy tak hanya terlibat dalam 5 sekuel The Fast and the Furious. Kiprahnya juga besar di film action lainnya. Mulai Taken 3 (2014), Man of Steel (2013), Green Hornet (2011), hingga Batman vs Superman: Dawn of Justice yang akan segera tayang pada 2016 nanti.
Keterampilan McCarthy memoles mobil hingga mengatur adegan balapan tentu tak didapatkannya secara instan. Kegemarannya pada otomotif bahkan dilakoni sejak dia berusia 16 tahun. Dia pernah bekerja di bengkel modifikasi balap. 4 tahun kemudian, McCarthy sudah mampu membuka bengkel sendiri dan mulai berkreasi membangun mobil. Pada 2006, dia membuat mobil untuk film The Fast and the Furious 3: Tokyo Drift. McCarthy dipercaya untuk menghabiskan dana USD 7 juta demi membangun 200 mobil dalam sekuel ketiga The Fast and the Furious tersebut.

Pria yang dijuluki 'Hollywood's Car Guy' itu memang luar biasa. Dalam waktu yang singkat, dia mampu menyulap mobil tua terlihat apik untuk proses syuting. McCarthy dan timnya hanya perlu 2 minggu untuk memoles mobil berkarat hingga sesuai dengan standar Hollywood. Tak heran, dia didapuk menjadi car coordinator dalam 5 sekuel The Fast and the Furious berturut-turut.

Pada suatu interview, McCarthy menyatakan bahwa sekuel Furious 7 adalah yang menantang. Dengan dikuranginya efek CGI, dia dan James Wan, sang sutradara, harus mengimbanginya dengan adegan action yang nyata dan tentunya, berbahaya.

McCarthy memperoleh banyak telepon tentang scene jatuhnya 5 mobil dari pesawat di salah satu scene Furious 7 tersebut. "Mereka sangat kaget, ketika aku menjawab iya. Kami melakukannya 2 kali. Total ada 10 mobil yang dijatuhkan dari pesawat. Ya, penonton sadar mereka melihat adegan nyata," tuturnya.

Lucunya, saat disinggung soal kendaraan sehari-hari, McCarthy mengatakan bahwa dirinya bukan tipe orang yang suka mengendarai mobil mewah. "Sebenarnya kurang mengenakkan untuk diceritakan kepada kalian semua. Tapi, aku adalah seorang ayah yang penyayang, dengan kendaraan SUV Ford Suburban," tandasnya.


SUMBER : Jawa Pos, 27 Maret 2015, kolom Movie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar