Jumat, 04 Maret 2016

CINEMOVIES: 10 Cloverfield Lane; Kisah Monster Misterius di Luar Bungker...



(sumber gbr: comingsoon.net)


TRAILER-NYA:




Kesuksesan Cloverfield (2008) memang tak bisa dilupakan. Film yang ditampilkan dalam rekaman video amatir dari kamera sang tokoh Hud Platt (T.J Miller) itu ternyata punya pewaris. Yup, rumah produksi milik J.J Abrams, Bad Robot Productions, siap merilis film dengan ambience serupa. Yakni, 10 Cloverfield Lane (2016). Yang spesial, 10 Cloverfield Lane digadang-gadang lebih misterius dan mengejutkan karena ide cerita yang lebih dark. Wah!

Cerita bermula dari kecelakaan mobil yang dialami Michelle (Mary Elizabeth Winstead), mengakibatkan dia pingsan selama beberapa hari. Untungnya, selama kecelakaan, dia ditolong Howard Stambler (John Goodman) dan dirawat Stambler di rumahnya.
Namun, rumah itu terasa tak biasa. Tanpa disadari, rumah milik Stambler adalah bungker perlindungan dari bencana di dunia luar. Meski awalnya Michelle menganggap perlakuan Stambler cukup baik, peraturan tak boleh keluar bungker membuat dirinya penasaran. Dia lantas berusaha melawan Stambler dan ingin membuktikan apa yang terjadi di luar bungker. Apa yang ditemukan Michelle di luar sana? Monsterkah?

Kebingungan tersebut sampai kepada penonton dengan apik. Itulah yang ditunjukkan sutradara Dan Trachtenberg dalam film debutnya kali ini. Sutradara muda tersebut mampu mengemasnya secara orisinal. Dia menegaskan bahwa filmnya itu bukan sekuel Cloverfield (2008). "Cloverfield adalah film unik yang bergenre serupa dengan film ini, yaitu misteri thriller. Kami juga memiliki keunikan itu, tapi denagn experience yang berbeda dan menarik," ungkap Trachtenberg dilansir dari Empire.
Nah, masih adakah monster di dalamnya?
Produser J.J Abrams akhirnya angkat bicara, Meski berjudul sama, tak berarti film tersebut dianggap sebagai kelanjutan filmnya. "Ada monster di film ini, tapi bukan seperti monster dalam Cloverfield. It's a very different story," ujar Abrams seperti dikutip dari Entertainment Weekly. Terdapat beberapa hal baru yang akan mengejutkan penonton mengenai cerita dalam film tersebut.

Cloverfield sebelumnya memang memperlihatkan beberapa monster mengerikan yang menyerang manusia. Dalam film kali ini,Abrams mengakui bahwa banyak monster berbeda yang muncul. "Tentu film ini mempunyai definisi monster berbeda dengan film sebelumnya. Aku tak ingin merusak akhir pada film ini," tuturnya dilansir dari Fandango.
Dalam penjelasannya, konsep "monster" dapat muncul dalam berbagai bentuk dan struktur. Monster baru dan berbagai hal yang mengejutkan dihadirkan dalam film garapan Trachtenberg tersebut.

Film itu lebih banyak mengambil seting dalam bungker. Selain itu, karakter utama hanya berfokus pada trio Michelle, Howard Stambler, dan Emmet (John Gallagher). Pemilihan cast dan syuting film tersebut dilakukan secara diam-diam. Sutradara Dan Trachtenberg hanya memberikan skrip berupa naskah setengah jadi hingga pembuatan film mencapai 50 persen. "Bahkan, aku baru menyadarinya saat syuting," kata John Gallagher.
Meski Cloverfield menuai pujian dengan cerita yang menarik dan fresh, J.J Abrams tak ingin membikin sekuel. Dia yakin masih banyak ide atau konsep yang lebih menarik di film ini. Dilansir dari situs resminya, 10 Cloverfield Lane, direncanakan rilis pada 9 Maret 2016 di bioskop-bioskop Indonesia.


DATA FILM:

Sutradara: Dan Trachtenberg.
Produser: J.J Abrams, Lindsey Weber.
Penulis: Josh Campbell, Matt Stuecken.
Pemain: Mary Elizabeth Winstead, John Goodman, John Gallagher Jr.
Sinematografi: Jeff Cutter.
Musik: Bear McCreary.
Studio: Bad Robot Productions.
Distributor: Paramount Pictures.
Durasi: 105 menit.
Rilis: 9 Maret 2016 (Indonesia); 11 Maret 2016 (AS).


TAHUKAH KAMU?

- Selama pembuatannya, 10 Cloverfield Lane ternyata tidak memakan proses syuting yang lama. Malahan, mereka hanya menghabiskan waktu sekitar 36 hari untuk pengambilan gambar. Proses tersebut dilakukan di New Orleans, Valencia, dengan mendapat pengawasan dari Bad Robot.

- Saat pemain dikirimi skrip dialog itu secara terbatas, situs ofisial film tersebut akan otomatis ditutup. Penutupan itu dilakukan untuk menjaga berbagai hal yang akan bocor kepada publik selama pengangkatan film menuju layar lebar. "Saat produser menulis ulang skripnya, hal itu sering terjadi. Namun, perubahan tersebut tidak mengganggu garis besar ceritanya," ujar Mary Elizabeth Winstead dilansir dari Collider.

- Awalnya, film ini merupakan film berbujet rendah (± USD 5 juta) dengan judul Valencia. Lalu, pada 2014, rumah produksi lain sempat berencana menggarapnya dan mengganti judulnya menjadi The Cellar. Namun, setelah berada dalam naungan Bad Robot Productions, film ini akhirnya resmi digarap dengan judul 10 Cloverfield Lane. Judul tersebut diumumkan pada 15 Januari 2016.

- Tidak menggunakan lagi teknik pengambilan gambar found footage, seperti film Cloverfield sebelumnya.


SUMBER: Jawa Pos, 4 Maret 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar