Senin, 06 April 2015

SOCCERIOR : Carpi di Ambang Lolos ke Pentas Serie A

PRESTASI MELESAT SETELAH DITERJANG GEMPA DAHSYAT



Kalau semua berjalan dengan mulus, Carpi FC 1909 akan promosi ke Serie A. Saat ini, tim yang berbasis di wilayah Emilia Romagna itu memuncaki klasemen Serie B. Bagi banyak orang, prestasi Carpi tersebut adalah keajaiban besar.
__________________________________________________________________________________
Lorenzo Lolo (dua dari kanan), merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bologna rabu lalu (01/04).

Carpi adalah kota kecil di wilayah Emillia Romagna. Penduduknya kurang lebih 67 ribu jiwa. Carpi adalah tetangga Modena, daerah yang kondang di dunia karena menjadi pusat tekstil dan tempat kelahiran industri mobil mewah Italia, yakni Ferrari, Maserati dan Lamborghini.

Namun, sekarang nama Carpi mulai melesat dikancah sepak bola. Sebab, Carpi FC 1909 sukses memuncaki klasemen Serie B. Carpi kukuh dengan koleksi 48 poin sampai giornata(pekan) ke 29. Biancorossi-julukannya- memimpin delapan angka atas peringkat kedua yang merupakan langganan Serie A, Bologna.
Bologna sendiri adalah ibukota dari wilayah yang sama dengan Carpi. Namun kalau Bologna adalah raksasa, Carpi bagaikan kurcaci. Maklum jumlah penduduk Bologna lebih dari 384 ribu jiwa. Jarak antara dua kota tersebut bisa ditempuh satu jam dengan menggunakan mobil.

Kesuksesan Carpi bisa disebut sebagai keajaiban. Sebab, pada Mei 2012, kota ini adalah salah satu yang mendapatkan dampak parah dari gempa bumi yang menerjang Emillia Romagna. Bencana itu membunuh 27 orang dan membuat 14.000 orang lainnya kehilangan tempat tinggal.
Entah bagaimana jalannya, setelah musibah tersebut, datanglah kejayaan. Carpi, tim yang sama sekali tidak memiliki sejarah sepakbola, tiba-tiba saja melesat. Pada musim 2012-2013, Carpi promosi dari Lega Pro Prima Divisione ke Serie B. Itulah pencapaian terbesar klub yang berdiri pada 1909 tersebut.

Setelah berada di posisi ke 12 Serie B musim lalu, musim ini Carpi melesat dan bisa saja mencatat sejarah besar kalau promosi ke Serie A musim depan.

Carpi dimiliki 3 orang. Yakni, Stefano Bonacini dan Claudio Caliumi yang masing-masing memiliki saham 35,83 persen. Sisanya merupakan jatah presiden klub, Roberto Marani. Yang mempunyai saham 28,33 persen. Bonacini adalah pengusaha pakaian rajut dengan merek Gaudi.
Sebagai klub kecil dengan kandang bernama Stadio Sandro Cabassi yang berkapasitas kurang dari 4.200 orang, keuangan Carpi memang sangat sederhana. Musim lalu mereka tidak untung. Namun kerugiannya sangat minim, hanya EUR 516 (Rp 7,3 juta). "Sedangkan biaya operasional tim hanya kurang dari EUR 3 juta (Rp 42,5 miliar)," ucap allenatore(pelatih) Fabrizio Castori kepada Calcio.

Namun, dibalik kesederhanaan itu, Carpi tampil fenomenal. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari tragedi pada 1999-2000. Saat itu, Carpi bangkrut dan harus tampil di divisi amatir.
Sembilan tahun berselang, Calcio Carpi akhirnya merger dengan Doranda Pietri Club pada 2009. Lalu, fondasi klub tersebut dibangun dengan sangat kukuh dengan basis para pemain muda berkualitas. Rerata pemain sekarang berusia 23 tahun.

Paling sensasional adalah Jerry Mbakogu, striker 22 tahun asal Nigeria. Mbakogu menjadi topskor klub dengan 13 gol. Di bawah mistar gawang, ada penjaga gawang berbakat yang dipinjam dari AC Milan, Gabriel yang masih berusia 22 tahun.
Meminjam pemain memang menjadi strategi Carpi mencari pemain berkualitas dengan bayaran murah. Salah satu yang juga bermain baik adalah bek asal Slovenia yang merupakan pinjaman dari Palermo, Aljaz Struna.
"Saya bangga sekali memiliki Carpi yang memuncaki Serie B. Tim ini lahir ketika saya menjabat," kata wali kota Carpi Alberto Bellelli.
"Kami tidak akan melupakan apa yang terjadi pada 2012 dengan kekuata 5,8 skala Richter. Sebanyak 70 ribu orang bersatu bersama untuk menghadapi itu. Kami kemudian mendapatkan keajaiban bernama Carpi," imbuh wali kota berusia 37 tahun tersebut. (nur/c17/bas)


Disadur dari : Jawa Pos, Sabtu 7 Maret 2015. sumber gambar : gettyimages.com

Note : saat ini Carpi FC kukuh di puncak klasemen Serie B dengan 68 poin dari 34 pertandingan. Dengan sisa 4 pertandingan lagi. Sudah dipastikan Carpi akan promosi ke Serie A musim depan, karena selisih poin dengan peringkat 2, Bologna, adalah 12 poin. Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar