Jumat, 18 Desember 2015

CINEMOVIES: IP MAN 3; Saat Kungfu Melawan Tinju...


(gbr: uniqpost.com)


TRAILER-NYA:





Beberapa tahun belakangan, para pencinta film martial arts Tiongkok memang harus bersabar karena kehadiran film seperti itu cukup jarang di layar lebar, terutama di Indonesia. Namun, penantian tersebut akan berakhir dengan rilisnya salah satu film kungfu yang cukup terkenal, IP Man atau Yip Man, seri ketiga. Masih dibintangi aktor laga Donnie Yen, sutradara Wilson Yip juga menghadirkan Mike Tyson dan mendiang Bruce Lee.

Pada sekuel kedua ini, Yip Kai-man (Donnie Yen) atau yang biasa disebut Guru Yip harus bertarung dengan gangster yang dipimpin Frank (Mike Tyson), Meski ide ceritanya tidak terlalu berbeda, para penikmat film martial arts akan terpesona oleh dua jenis bela diri dari kebudayaan yang berbeda, yaitu kungfu dan tinju.
"Ini tentu bakal menjadi pertarungan yang menarik. Aku dan dia (Donnie Yen, Red) akan saling bentrok dan membuat sebuah ledakan besar," ujar Tyson sebagaimana dilansir dari Vibesngists.

Keterlibatan petinju yang dijuluki Leher Beton itu ternyata berawal dari situs microblogging Weibo. Dua tahun lalu, Tyson bertanya siapakah petarung terhebat di Tiongkok melalui Weibo. Pertanyaan itu memunculkan ide di kepala Wilson Yip.
"Kami ingin menggambarkan sebuah pertarungan yang sangat panas antara Tyson dan Donnie," ujar Wilson kepada Hollywood Reporter.

Di sisi lain, kehadiran martial artist Bruce Lee juga menghebohkan. Dalam cerita yang sebenarnya, Bruce Lee memang merupakan salah seorang murid Guru Yip. Pada IP Man 2 (2010), Wilson telah memberikan penonton teaser kemunculan seorang anak kecil yang ingin diajar Guru Yip. Namun, Yip menolak dan menunggu anak itu dewasa. Anak tersebut adalah Bruce Lee dan tidak ada yang menyangka bahwa Wilson benar-benar menghadirkan Bruce dewasa di layar lebar.
Kemunculan Bruce Lee tidak terlepas dari format CGI yang sangat canggih. Hal itu ditunjukkan langsung oleh Pegasus Motion Pictures melalui trailer resmi IP Man 3. Meski begitu, menghadirkan sosok yang telah meninggal pada tahun 1973 itu bukan perkara mudah. Sebab, Bruce Lee Enterprises, LLC (BLE), sempat akan mencabut nama Bruce Lee dan semua yang berhubungan dengannya dalam IP Man 3.

Ternyata, hal itu terjadi lantaran Pegasus Motion Pictures belum mengurus perizinan dengan BLE. Meski sudah mengajak saudara Bruce Lee, yaitu Robert Lee, sebagai konsultan film, BLE tetap bersikeras menuturkan bahwa Robert Lee tidak memiliki hak untuk memberikan izin.
"BLE akan berusaha menghentikan pembuatan film ini, mulai aset hingga pembuatan CG," ujar BLE COO dan General Counsel Kris Stirti dikutip dari Hollywood Reporter.

Meski sudah melakukan musyawarah secara kekeluargaan, BLE masih tampak bersikeras membawa permasalahan tersebut ke ranah hukum. Namun, masalah itu akhrinya bisa diselesaikan. Akankah perjuangan mereka bisa membawa IP Man menuju kesuksesan lagi?


(gbr: wowkeren.com)


DATA FILM:

Sutradara: Wilson Yip.
Produser: Raymond Wong.
Penulis skrip dan naskah: Lai-yin Leung, Chan Tai-Li, Edmond Wong.
Pemain: Donnie Yen, Jin Zhang, Patrick Tam, Lynn Hung, Mike Tyson, Kent Cheng, Kwok-kwan Chan.
Musik: Kenji Kawai.
Sinematografer: Kenny Tse.
Spesial efek: Free-D Workshop Company.
Produksi: Pegasus Motion Pictures.
Distributor: Well Go USA Entertainment (USA), Shaw Organisation (Singapura), Pegasus Motion Pictures (Hong Kong).



TAHUKAH KAMU???


- Istri Donnie Yen secara terbuka mengatakan kekhawatirannya bahwa Donnie mungkin akan terluka oleh Tyson. Tapi nyatanya, justru Donnie Yen yang melukai jari telunjuk Tyson hingga patah, kala mereka syuting salah satu adegan perkelahian.

- Film ini akan menjadi film terakhir Donnie Yen memerankan karakter Guru Yip.

- Merupakan debut Mike Tyson di film action.

- Donnie Yen mempelajari pertandingan masa lalu Mike Tyson, guna persiapan fisik dan mental untuk syuting adegan perkelahian dengan dia, yang seorang mantan juara petinju kelas berat dunia, dengan kekuatan pukulan setara 1500 pounds di atas ring tinju.




SUMBER: Jawa Pos, 18 Desember 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar