Jumat, 25 Desember 2015

TEROPONG IPTEK: SEJARAH PERKERETA APIAN DUNIA (Bab I & II (Bagian Pertama))



I. KUDA BESI.


James Watt (19 Januari 1736 –  19 Agustus 1819).(gbr: edhird.com)

Sejarah kuda besi dimulai sejak penemuan tenaga uap air oleh James Watt. Dia seorang kelahiran Inggris. Sejak kecil, James Watt sangat tertarik pada uap air. Kalau ibunya sedang memasak air, ia tak pernah jauh dari perapian. Perhatiannya selalu tertuju pada cerek yang dipanaskan ibunya. Matanya tak lepas-lepas menatap uap air yang mengepul dari lubang cerek.
"Aku yakin, bahwa uap air yang mengepul dari lubang cerek itu mempunyai tenaga. Kalau tidak, tak mungkin tutup cerek itu bergerak-gerak seperti didorong sesuatu," pikir James Watt yang ketika itu masih berumur tiga belas tahun.

Terdorong oleh rasa ingin tahu yang besar, juga karena kebandelannya, pada suatu hari, ia menutup lubang cerek yang selalu mengepulkan uap itu dengan sesuatu benda. Kemudian ia menantikan sesuatu yang akan terjadi dengan harap-harap cemas.
Beberapa saat ia menanti, hatinya berdebar-debar.
Dan tiba-tiba, pulp!
Apa yang terjadi, Ternyata benda yang dipakai menutup lubang cerek meletup ke udara. James Watt bersorak berjingkrak-jingkrak. Saking gembiranya, sampai akhirnya ibunya datang menjewer telinganya. Tapi jeweran ibunya tak dihiraukannya. Ia malah mencoba berkali-kali lagi.
Itu semua terjadi pada pada tahun 1641. Dan sejak saat itu, James Watt lebih banyak termenung memikirkan tentang uap air yang mempunyai tenaga demikian besarnya.
"Sekarang sudah jelas bahwa uap air mempunyai tenaga," pikirnya. "Dengan tenaga uap air, sebenarnya orang dapat berbuat sesuatu. Dan itu pasti akan menguntungkan."

Berkat ketekunannya, beberapa tahun kemudian, ia berhasil membuat suatu mesin yang menggunakan tenaga uap. Penemuannya itu segera tersebar ke seluruh pelosok. Sebab, James Watt telah mengumumkan penemuannya tersebut dalam sebuah majalah ilmu pengetahuan.
Para ahli yang bergerak dalam dunia ilmu pengetahuan, segera memulai mengadakan percobaan-percobaan yang selama ini dilakukan James Watt. Dan apa yang menjadi perkiraan James Watt tentang kegunaan tenaga uap air akhirnya dibuktikan oleh zaman.



II. DEMAM KUDA BESI DI MANA-MANA.


Walaupun benar James Watt yang telah membuktikan kegunaan tenaga uap air untuk mesin uapnya, namun yang mula-mula membuat lokomotif adalah Nicolas Joseph Cugnot, seorang warga Perancis.
Nicolas sering dikatakan gila ketika ia mempersiapkan kendaraan yang sedang dibuat di bengkelnya. Ini mungkin karena bentuk kendaraannya yang sangat aneh pada zaman itu.

Nicolas Joseph Cugnot (26 Februari 1725 – 2 Oktober 1804).(gbr: tinypic.com)

Kuda besi ciptaan Nicolas Cugnot yang menabrak tembok salah satu bangunan di jalanan Paris.(gbr: welt.de)

Pada tahun 1769, sebuah benda aneh meluncur di jalan umum di kota Paris. Dan orang-orang menjadi gempar.
"Kuda besi...! Kuda besi...!" teriak orang-orang sambil berlari mengikuti benda aneh yang meluncur sambil mendesis-desis.
Yang disebut kuda besi adalah sebuah gerobak yang terbuat dari besi seluruhnya, termasuk tiga buah rodanya. Lewat cerobong asapnya, tak henti-hentinya asap mengepul. Dan benda yang disebut kuda besi tersebut meluncur dengan kecepatan sekira lima kilometer perjam. Di atas gerobak tersebut, Nicolas Cugnot duduk sambil tersenyum-senyum, sambil mengendalikan kendaraan miliknya. Ia melambai-lambaikan tangannya pada orang-orang yang memandangnya penuh keheranan.
"Itu si Nicolas...!" teriak orang-orang yang mengenalnya.

Namun tiba-tiba, kendaraan aneh tersebut terguling seketika. Segala isinya tumpah. Air dan api dari ketel kendaraan tersebut tercurah ke jalanan. Orang-orang yang tadi mengaraknya dengan sorak-sorai, kini menjerit ketakutan.
Untunglah tidak terjadi kecelakaan berat. Tapi walaupun demikian, sejak saat itu Nicolas Cugnot tidak diperbolehkan lagi menaiki kuda besinya di jalanan umum.
"Pejabat kota menganggap kuda besi ciptaanku ini lebih berbahaya daripada seekor kuda," ujar Nicolas ketika banyak orang bertanya mengapa ia tak lagi mencoba kuda besinya di jalanan. "Padahal, seekor kuda sungguhan sebenarnya lebih berbahaya daripada kuda besiku. Entah berapa orang anak yang telah disepak kuda sungguhan. Tapi memang begitulah peraturannya, kuda besiku kini tak lagi boleh lari di jalanan umum."

Orang yang mendengar kata-kata Nicolas yang kocak ini cuma dapat tersenyum. Dan memang, semenjak peristiwa yang menggemparkan kota Paris itu, orang-orang tidak pernah lagi melihat benda aneh semacam kuda besi Nicolas meluncur di jalanan. Bahkan kabar tentang Nicolas Cugnot yang pernah dianggap gila itupun, akhirnya tak terdengar lagi di kota Paris.

Richard Trevithick (13 April 1771 – 22 April 1833) dan kuda besi ciptaannya.(gbr: google.com)

Kuda besi ciptaan Trevithick yang dijadikan wahana sirkus di London.(gbr: spartacus-educational.com)

Tapi pada tahun 1801, orang-orang di Inggris digemparkan oleh benda yang serupa dengan benda yang dibuat oleh Nicolas Cugnot. Pembuatnya adalah Richard Trevithick. Dan benda aneh yang dibuatnya tersebut dinamakan juga Trevithick.
Benda ciptaan Trevithick telah disempurnakan, daripada yang menggemparkan orang di Paris, 32 tahun sebelumnya. Sama seperti yang pernah terjadi di Paris, orang-orang dibuat gempar oleh benda yang serupa ini.

Peristiwanya terjadi menjelang Natal 1801 di London. Kendaraan aneh ini telah dapat menarik kereta berpenumpang, yang biasa ditarik oleh kuda. Dan seperti juga kendaraan yang menggemparkan Paris, kendaraan ini juga bergerak karena air yang dipanaskan dalam ketel.
"Ya, memang. Kendaraan ini digerakkan oleh tenaga uap air," ujar Richard Trevithick.

Sama halnya dengan kendaraan buatan Nicolas Cugnot, Trevithick juga meluncur di jalan umum. Bukan di atas rel. Baru pada tahun 1804, tidak diduga orang sebelumnya, kendaraan Richard ini meluncur di atas jalan besi yang melingkar. Orang-orang dapat mencoba naik kereta yang ditarik kendaraan aneh buatan Richard ini dengan membayar uang sewa.

Seorang pengusaha pertambangan di Welsh menaruh perhatian besar pada kendaraan buatan Richard. Ia segera memesan kendaraan aneh ini untuk digunakan menarik barang-barang di pertambangannya. Ternyata di luar dugaan, kendaraan ini sanggup menarik barang dengan berat kurang lebih 10 ton, pada jarak-jarak tertentu. Tapi mesin tersebut masih dinyatakan terlampau kecil untuk keperluan di pertambangan tersebut.

William Hedley (13 July 1779 – 9 January 1843).(gbr: gracesguide.com)
 Lokomotif ciptaan William Hedley di pertambangan Wylam Colliery.(gbr: co-curate.ncl.ac.uk)

Pada tahun 1813, William Hedley, pegawai pertambangan di Wylam Colliery, tak jauh dari Newcastle, telah membuat juga kendaraan yang serupa dengan ciptaan Richard Trevithick dan Nicolas Cugnot. Oleh karena benda buatan William ini tidak henti-hentinya mendesis sambil mengeluarkan asap yang mengepul lewat cerobong asapnya, maka kendaraan ini dinamakan Puffing Billy. Baru pada tahun 1814, Puffing Billy mulai bertugas di Wylam Colliery.
Pada tahun itu pula, George Stephenson memulai mengerjakan kendaraan aneh yang menggemparkan orang selama ini. Walaupun orang-orang masih meragukan kegunaan kendaraan-kendaraan aneh ini, namun George Stephenson terus giat bekerja.

 George Stephenson (9 Juni 1781 – 12 Agustus 1848).(gbr: history.co.uk)
 Kuda besi ciptaan George Stephenson, tahun 1825. Yang bernama Locomotion No. 1.(gbr: railwaywondersoftheworld.com)

Pada tahun 1825, sebuah kuda besi lain yang dibuat George Stephenson telah mulai dapat dipakai mengangkut barang. Kuda besi ciptaannya ini diberi nama Locomotion. Ternyata Locomotion lebih menggembirakan lagi, sebab kecepatannya sudah boleh dibanggakan yaitu sekira 20 mil perjam.
Langkah yang dicapai George Stephenson segera diikuti oleh ahli mesin yang lain. Dan sejak saat itu ramailah orang membuat kuda besi di mana-mana. Yang jadi inti tenaga, masih tetap uap air.



BERSAMBUNG....
SUMBER: Buku BERKELANA DENGAN KUDA BESI oleh Diah Ansorie; Terbitan: Djambatan | Anggota IKAPI, Tahun 1984.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar