Senin, 09 Februari 2015

Teropong IPTEK : Apakah Pernah Ada Negara Bernama Prusia?


*sumber gambar : Wikipedia Indonesia


Akar bangsa Prusia awal berasal dari invasi tentara Jerman ke daerah antara Lithuania dan Polandia pada abad ketujuh.
Pemerintahan mereka kalah pada tahun 1226 sebagai korban invasi tentara ordo keagamaan Jerman yg menyebut diri dengan Ksatria-ksatria Teutonic dan mengawali beralihnya orang Prusia menjadi pengikut Nasrani.
Dua abad kemudian, dengan bantuan Polandia dan Lithuania, Prusia mengkudeta para ksatria tersebut. Kawasan itu terbagi dua-Ducal Prusia di timur dan Royal Prusia di barat-yg keduanya dikontrol atau berada di bawah pengaruh Polandia.

Sebuah invasi atas Polandia oleh orang Swedia pada pertengahan tahun 1600-an menghasilkan efek samping : Berakhirnya kontrol Polandia atas Prusia, yg menjadi negara merdeka. Prusia berkembang pesat dan pada tahun 1772, wilayahnya meliputi apa yg sekarang adalah bagian utara Polandia, bekas Jerman Timur, dan bagian kecil Uni Soviet-sekarang Rusia-.

Prusia mendapatkan kekuasaan dalam skala dunia pada tahun 1871. Ketika negara itu mengalahkan Perancis dalm perang Perancis-Jerman dan muncul menjadi Jerman. Tetapi, kekalahan Jerman dalam Perang Dunia I memaksa negara itu melepaskan sebagian Prusia dan mengisolasi bagian lain negara itu secara geografis. Perang Dunia II berakhir dengan sebagian besar bekas Prusia terbagi antara Uni Soviet(Rusia) dan Polandia. (NYTNS).

(Sumber : KOMPAS, Minggu, 19 Desember 2004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar